Posts

1.4.a.6.1. Refleksi Terbimbing - Budaya Positif

Image
Berikut ini merupakan Hasil Refleksi Terbimbing sebagai bagian dari tugas modul 1.4.a.6.Refleksi Terbimbing Budaya Positif dalam pembelajaran Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Karangasem Dalam kegiatan Refleksi Terbimbing, CGP diminta menjawab beberapa pertanyaan tentang pemahaman, pengalaman, dan rencana tindakan setelah mempelajari modul 1.4 Budaya Positif. Berikut ini pertanyaan dan jawaban yang saya buat pada pembelajaran ini. Sejauh mana pemahaman Anda tentang konsep-konsep inti yang telah Anda pelajari di modul ini, yaitu: disiplin positif, posisi kontrol guru, kebutuhan dasar manusia, keyakinan kelas, dan segitiga restitusi. Adakah hal-hal yang menarik untuk Anda dan di luar dugaan? Saya telah memahami konsep inti pada modul 1.4 Budaya Positif, dantaranya:  Saya memahami bahwa pelaksanaan budaya positif di sekolah akan sangat membantu proses terbentuknya murid-murid dengan karakter yang baik utamanya dalam pembentukan karakter profil pelajar Pancasila. Secara khusus mate

1.4.a.5. Ruang Kolaborasi

Image
Berikut ini merupakan Hasil Ruang Kolaborasi sebagai bagian dari tugas modul 1.4.a.5.Ruang Kolaborasi Budaya Positif dalam pembelajaran Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Karangasem Dalam kegiatan Ruang Kolaborasi kali ini, CGP diajak berdiskusi dalam kelompok kecil, 2-3 orang. Kegiatan diskusi Hari pertama diawali dengan pemaparan dari Fasilitator kemudian dilanjutkan dengan diskusi dalam Kelompok Kecil pada Break Out Room Meeting untuk membahas beberapa kasus yang dikerjakan dalam kelompok. Pada Hari kedua hasil diskusi kelompok kecil dipresentasikan dan diberikan umpan balik oleh kelompok lainnya.   Dalam diskusi ini, saya tergabung dalam kelompok 4 yang terdiri atas 2 orang yaitu saya dan Ibu Ni Made Ayu Ratna Parwathi, untuk membahas kasus 3 dan kasus 4. Berikut ini kasus yang kami diskusikan beserta Jawabannya yang merupakan hasil diskusi kelompok kami. Kasus 3. Ibu Dani sedang menjelaskan pelajaran Bahasa Inggris di papan tulis, namun beliau memperhatikan bahwa Fajar mala

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-8

Image
Minggu ini adalah minggu kedelapan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Karangasem. Seperti biasa, pada akhir minggu saya membuat jurnal refleksi mingguan. Jurnal refleksi minggu ke-8 saya susun berdasarkan model Model 3: Six Thinking Hats (Teknik 6 Topi).  Keenam topi tersebut berikut penggunaannya dalam jurnal refleksi adalah: Topi putih (Facts) : tuliskan informasi berupa fakta sebanyak-banyaknya terkait pengalaman yang terjadi. Topi merah (Feelings) : gambarkan perasaan anda terkait dengan topik yang sedang dibahas. Topi kuning (Benefits) : tuliskan hal-hal positif yang terkait dengan topik tersebut. Topi hitam (Cautions) : tuliskan kendala, hambatan, atau risiko dari tindakan/peristiwa yang sedang dibahas. Topi hijau (Creativity) : jabarkan ide-ide yang muncul setelah mengalami peristiwa tersebut. Topi biru (Process) : tarik kesimpulan dari peristiwa yang terjadi, atau ambil keputusan setelah mempertimba

1.4.a.4. Eksplorasi Konsep - Budaya Positif

Image
Berikut ini merupakan Hasil Eksplorasi Konsep yang saya buat sebagai bagian dari tugas modul 1.4.a.4.Eksplorasi Konsep dalam pembelajaran Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Karangasem Dalam kegiatan Eksplorasi Konsep kali ini, CGP diajak menyimak bahan ajar pada LMS, menjawab pertanyaan-pertanyaan, menuliskan gagasan, mencurahkan pengalaman, dan harapan yang ingin dicapai. Pada Bagian Eksplorasi konsep Budaya positif yang dipelajari melalui LMS terdiri dari beberapa bagian yaitu : 2.1. Perubahan Paradigma -Stimulus Respon lawan  Teori Kontrol Tujuan pembelajaran topik ini, CGP dapat memahami miskonsepsi tentang kontrol dan selanjutnya mengadakan perubahan paradigma stimulus-respon menjadi teori kontrol. CGP juga  melakukan refleksi atas penerapan praktik disiplin yang dijalankan di sekolahnya. 2.2. Arti Disiplin dan 3 Motivasi Perilaku Manusia Tujuan pembelajaran topik ini, CGP dapat memahami konsep disiplin positif dihubungkan dengan teori motivasi perilaku manusia, serta konse

1.4.a.3. Mulai dari diri - Budaya Positif

Berikut ini merupakan Tulisan Mulai dari diri tentang Budaya Positif yang saya buat sebagai bagian dari tugas modul 1.4.3 Mulai dari diri dalam pembelajaran Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Karangasem. Modul 1.4 Budaya Positif merupakan modul terakhir pada paket modul 1 pendidikan calon guru penggerak. Sebagaimana pada modul sebelumnya yang menggunakan alur belajar MERRDEKA, tahap awal mempelajari modul adalah Mulai dari Diri. Dalam kegiatan mulai dari Diri kali ini, CGP diminta merefleksi diri, dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan pada LMS.  Berikut ini hasil refleksi Mulai dari Diri yang saya kerjakan pada LMS. Apa urgensi dari menciptakan suasana positif di lingkungan sekolah Anda? Menciptakan suasana positif dilingkungan sekolah merupakan hal yang mutlak harus dilakukan, karena suasana positif dilingkungan sekolah dapat memberikan rasa aman dan nyaman di lingkungan sekolah itu sendiri. Kita ketahui bahwa Sekolah merupakan komponen paling penting dalam prose

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-7

Image
Pada Kesempatan ini, saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Minggu ke-7 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4. Adapun model yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah model Driscoll.  Model ini terdiri dari tiga bagian, yaitu sebagai berikut. 1) WHAT? (Deskripsi dari peristiwa yang terjadi) Apa yang terjadi? Apa yang saya lihat/dengar/alami? Apa reaksi saya pada saat itu? Apa yang orang lain lakukan pada saat peristiwa itu terjadi? 2) SO WHAT? ⟮Analisis dari peristiwa yang terjadi⟯ Bagaimana perasaan saya pada saat peristiwa itu terjadi? Apakah yang saya rasakan sama/berbeda dengan orang yang mengalami kejadian yang sama? Apakah saya masih merasakan perasaan/dampak yang sama jika dibandingkan dengan perasaan/dampak langsung setelah peristiwa? Kecenderungan apa yang saya amati dari diri saya ketika menghadapi peristiwa serupa? Mengapa saya bisa memiliki kecenderungan tersebut? Setelah mengalami peristiwa tersebut, apa hal yang berubah dari pendapat, pemikiran, atau apapun yang

1.3.a.7.1. Demonstrasi Kontekstual - Menerapkan Inkuiri Apresiatif

Image
Pada kesempatan ini, saya mencoba untuk menyajikan hasil Demonstrasi Kontekstual - Menerapkan Inkuiri Apresiatif yang telah saya buat sebagai bagian dari tugas modul 1.3.a.7 Demonstrasi Kontekstual dalam pembelajaran Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Karangasem. Kali ini saya mencoba membuat sebuah prakarsa perubahan yaitu "Mewujudkan pembelajaran Fisika yang menyenangkan untuk meningkatkan minat belajar siswa".  Untuk mewujudkan prakarsa yang telah saya buat tersebut, selanjutnya saya mencoba membuat alur  BAGJA sebagai bagian dari pendekatan inkuiri apresiatif sebagaimana telah saya coba pelajari sebelumnya. Berikut ini adalah hasil karya penerapan alur BAGJA yang saya buat. Demikian Demonstrasi Kontekstual yang telah saya buat, semoga bermanfaat dan dapat mewujudkan visi guru penggerak yang telah saya bangun. Salam dan Bahagia