1.4.a.3. Mulai dari diri - Budaya Positif

Berikut ini merupakan Tulisan Mulai dari diri tentang Budaya Positif yang saya buat sebagai bagian dari tugas modul 1.4.3 Mulai dari diri dalam pembelajaran Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Karangasem.

Modul 1.4 Budaya Positif merupakan modul terakhir pada paket modul 1 pendidikan calon guru penggerak. Sebagaimana pada modul sebelumnya yang menggunakan alur belajar MERRDEKA, tahap awal mempelajari modul adalah Mulai dari Diri.

Dalam kegiatan mulai dari Diri kali ini, CGP diminta merefleksi diri, dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan pada LMS. 
Berikut ini hasil refleksi Mulai dari Diri yang saya kerjakan pada LMS.
  1. Apa urgensi dari menciptakan suasana positif di lingkungan sekolah Anda?
    Menciptakan suasana positif dilingkungan sekolah merupakan hal yang mutlak harus dilakukan, karena suasana positif dilingkungan sekolah dapat memberikan rasa aman dan nyaman di lingkungan sekolah itu sendiri. Kita ketahui bahwa Sekolah merupakan komponen paling penting dalam proses pendidikan, sekolah diibaratkan sebagai tanah tempat bercocok tananam. Bila tanah subur, tidak banyak hama maka tanaman juga akan tumbuh subur terlebih dibantu oleh oleh petani yang merawatnya. Demikian juga sekolah sebagai tempat bertumbuhnya kodrat anak, sekolah sebagai tempat berlangsungnya pendidikan harus mampu memberikan rasa nyaman, aman dan menyedikan fasilitas untuk dapat bertumbuh kembangnya kodrat pada anak dengan tutuntunan bapak ibu guru sebagai pendidik.

  2. Bagaimana Anda sendiri sebagai seorang pendidik dapat menciptakan suasana positif di lingkungan sekolah Anda selama ini?
    Sebagai seorang guru, untuk menjaga suasana positif dilingkungan sekolah yang dapat saya lakukan adalah :
    • Menunjukkan sikap ramah, peduli dan menghargai pada semua warga sekolah (baik siswa, kepala sekolah, pendidik, tenaga kependidikan maupun tenaga layanan khusus termasuk tamu dan orang tua yang datang ke sekolah. 
    • Disiplin diri, bertindak sesuai norma dan suka berbagi untuk kemajuan pendidikan di sekolah. 
    • Tidak membanding bandingkan antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya maupun antar warga sekolah karena saya menyadari bahwa setiap orang adalah individu yang unik dengan kelebihan dan kekuranggannya masing-masing. 
    • selalu menjaga hubungan persaudaraan antara semua warga sekolah dengan tetap menerapkan salam senyum sapa baik di dalam maupun diluar lingkungan sekolah.

  3. Apa hubungan antara menciptakan suasana yang positif dengan proses pembelajaran yang berpihak pada murid?
    Menurut saya, menciptakan suasana yang positif memiliki keterkaitan yang erat dengan proses pembelajaran yang berpihak pada murid, karena dengan menumbuhkan suasana positif disekolah maka akan menciptakan suasana aman dan nyaman di lingkungan sekolah. Selain itu, menciptakan suasana yang positif disekolah secara otomatis akan memberikan pentunjuk bahwa guru sebagai pendidik telah mampu menjalankan peran sebagai pemimpin pembelajaran yang baik dan siswa juga akan senang dan nyaman dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan kata lain, Suasana positif akan menumbuhkan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman yang mengakibatkan proses bertumbuhnya kodrat anak akan dapat terwujud dengan baik karena dalam suasana potif ini proses pembelajaran akan menyenangkan dan berpihak pada murid.

  4. Bagaimana penerapan disiplin saat ini di sekolah Anda, apakah sudah diterapkan dengan efektif, bila belum, apa yang menurut Anda masih perlu dikembangkan?
    Penerapan disiplin disekolah saya saat ini sudah sangat baik dan efektif. Bahkan, Disiplin disekolah saya sudah ditanamkan sejak awal dan dijadikan trikon sekolah (Jujur, Disiplin,Prestasi). Hampir seluruh siswa dan warga sekolah sudah mentaati tata tertib sekolah dengan baik dan melaksanakan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab walaupun terkadang ada beberapa siswa yang masih lalai namun tetap dimotivasi dan diingatkan baik oleh guru, tim kedisiplinan sekolah maupun warga sekolah lainnya.

  5. Apa saja harapan-harapan yang ingin Anda lihat berkembang pada diri Anda, sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?
    Setelah mempelajarai modul ini saya berharap dapat memahami dengan lebih baik tentang cara menumbuhkan budaya positif dan mampu mengimplementasikannya secara nyata disekolah, selain itu saya juga berharap agar mampu mewujudkan suasana pembelajaran yang nyaman, aman dan menyenangkan di kelas serta mampu menjalin hubungan kemitraan yang humanis antara guru siswa dan warga sekolah.

  6. Apa saja harapan-harapan yang ingin Anda lihat berkembang pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?
    Harapan yang ingin saya lihat berkembang pada murid setelah mempelajari modul ini adalah siswa memiliki keyakinan untuk mampu mengembangkan segala potensi yang dimilikinya, terjalinnya hubungan yang baik antara siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru, Senang dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas serta mempunyai komitmen dan kesadaran diri untuk senantiasa menumbuhkan dan menerapkan budaya positif di lingkungan sekolah.

  7. Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?
    Kegiatan, materi dan manfaat yang saya harapkan dalam modul ini adalah tersedianya contoh-contoh praktik baik terkait cara menumbuhkan budaya positif di sekolah, tersedianya waktu lebih untuk sharing pengalaman antara teman-teman CGP, Intruktur dan Fasilitator terkait paktrik-praktik baik dalam mewujudkan budaya positif sekolah sehingga dapat memberikan gambaran lebih jelas dan nyata serta mampu saya terapkan di sekolah dengan lebih baik lagi. Harapan berikutnya adalah agar semua selalu dalam keadaan sehat dan berbahagia untuk dapat mengikuti semua tahapan membejalaran pada modul ini.

Demikian refreksi diri yang saya buat berdasarkan hasil pemikiran saya, semoga bermanfaat. 
Salam dan Bahagia.

Comments

Popular posts from this blog

Release Instaler dan Updater Aplikasi Rapor SP Versi 2023.F

Release Aplikasi Rapor SP - Rapor Kurikulum Merdeka Versi 2023

Panduan Lengkap Rapor SP Versi 2023

Aplikasi Gratis | Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan untuk SMA Pelaksana Kurikulum Merdeka

Patch Rapor SP untuk Sertifikat UKK