Posts

2.3.a.4.3. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Coaching

Image
Setelah secara mandiri Anda mempelajari konsep coaching di konteks pendidikan, komunikasi yang memberdayakan dan model coaching, sekarang saatnya mendiskusikan hasil pemahaman Anda mengenai hal-hal tersebut. Tentunya Anda sudah memahami mengenai coaching dalam konteks pendidikan, bagaimana komunikasi yang memberdayakan sebagai keterampilan dasar coaching, dan model TIRTA. Silakan renungkan pertanyaan-pertanyaan ini. Adakah pergeseran paradigma berpikir Anda ketika Anda berhadapan dengan situasi yang dialami baik oleh rekan sesama pendidik maupun murid Anda? Sebagai pendidik, mengapa Anda memerlukan keterampilan coaching selain keterampilan yang lainnya? Salah satu prinsip coaching adalah kemitraan yang setara. Apakah kendala yang akan Anda hadapi ketika harus menempatkan diri Anda pada posisi yang setara dengan murid sebagai coachee? Setelah merenungkan pertanyaan-pertanyaan di atas, simaklah video mengenai coaching model TIRTA berikut. Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan beri

2.3.a.4.3. Eksplorasi Konsep - TIRTA Sebagai Model Coaching

Image
Bagian ke tiga dari Ekplorasi Konsep di modul ini adalah belajar tentang TIRTA Sebagai Model Coaching. Berikut ini adalah materi yang disajikan dalam Eksplorasi Konsep serta jawaban yang saya buat berdasarkan hasil ekplorasi konsep yang dilakukan dalam proses pembelajaran. TIRTA TIRTA dikembangkan dari satu model umum coaching yang dikenal sangat luas dan telah banyak diaplikasikan, yaitu GROW model. GROW adalah kepanjangan dari Goal, Reality, Options dan Will . Pada tahapan 1) Goal (Tujuan): coach perlu mengetahui apa tujuan yang hendak dicapai coachee dari sesi coaching ini, 2) Reality (Hal-hal yang nyata): proses menggali semua hal yang terjadi pada diri coachee , 3) Options (Pilihan): coach membantu coachee dalam memilah dan memilih hasil pemikiran selama sesi yang nantinya akan dijadikan sebuah rancangan aksi. 4) Will (Keinginan untuk maju): komitmen coachee dalam membuat sebuah rencana aksi dan menjalankannya. Model TIRTA dikembangkan dengan semangat merdeka belajar yang menuntu

2.3.a.4.2. Eksplorasi Konsep - Komunikasi Yang Memberdayakan

Image
Bagian ke dua dari Ekplorasi Konsep di modul ini adalah belajar tentang Komunikasi Yang Memberdayakan. Berikut ini adalah materi yang disajikan dalam Eksplorasi Konsep serta jawaban yang saya buat berdasarkan hasil ekplorasi konsep yang dilakukan dalam proses pembelajaran. Komunikasi yang memberdayakan Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak, Secara umum komunikasi dapat diartikan sebagai proses meneruskan informasi atau pesan dari satu pihak kepihak yang lain dengan menggunakan media kata, tulisan ataupun tanda peraga. Komunikasi dapat terjadi satu arah dan dua arah, dimana ada peran pemberi pesan dan penerima pesan. Dalam bukunya Beck, Benet dan Wall mendeskripsikannya sedemikian: Komunikasi adalah tentang diri kita, berawal dari dalam kita dan melalui kita. Komunikasi merepresentasikan keinginan diri kita untuk memiliki arti dan memberikan arti bagi kehidupan. Makna komunikasi menjadi lebih luas dan dalam ketika ada keinginan dari dalam diri manusia yang mendorong komunikasi mereka untuk

Rekaman Webinar APSI Kekinian (72) - Mengulas e-Raport Kurikulum Merdeka

Image
Video ini merupakan rekaman kegiatan Webinar APSI Kekinian (72) yang Mengulas Rapor Kurikulum Merdeka, yang dilaksanakan secara Daring (Zoom Meeting) tanggal 23 Maret 2022, Pukul 13.00-15.43 WIB.

Webinar APSI Kekinian (72) : Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka

Image
Kurikulum 13, kurikulum darurat dan kurikulum merdeka dalam laporan penilaian akhir menggunakan e- Raport. Bagaimana penggunaan e-Raport sehingga penilaiannya menjadi lebih sederhana, valid dan otentik? Yuk kita ikuti Webinar APSI Kekinian 72 yang mengupas tentang aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka yang yang diselenggarakan pada Hari Rabu, 23 Maret 2022, Pukul 13.00 sd 15.00 WIB . Kunjungi link penting berikut: Join Zoom Meeting https://us02web.zoom.us/j/84177961512?pwd=WUg2Tk9udG1wS1hvRzRJK0w3clA3Zz09 Link untuk Pendaftaran, e-Sertifikat dan Materi:  https://www.bimtekapsi.id/webinar/webinar-kekinian/72 Atau bisa juga melalui aplikasi Webinar APSI di playstore Live Streaming: https://youtube.com/channel/UCQKwCiZB9frKrgwl1siuh5Q Semua info terkini APSI ada di:     www.beritaapsi.id

2.3.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Konsep Coaching Dalam Konteks Pendidikan

Image
Seperti biasa, bagian kedua kegiatan pembelajaran pada alur MERRDEKA adalah Ekplorasi Konsep. Pada kegiatan Eksplorasi Konsep, CGP akan melakukan kegiatan mandiri untuk mempelajari materi melalui kegiatan membaca dan menjawab pertanyaan, dan diskusi asinkron untuk menguatkan pemahaman CGP terkait materi yang dipelajari. Pada bagian pertama dari Ekplorasi Konsep di modul ini adalah belajar tentang Konsep Coaching Dalam Konteks Pendidikan. Berikut ini adalah materi yang disajikan dalam Eksplorasi Konsep serta jawaban yang saya buat berdasarkan hasil ekplorasi konsep yang dilakukan dalam proses pembelajaran. A. Konsep Coaching dalam Konteks Pendidikan Pengertian Coaching Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak, Untuk mengawali proses memahami konsep coaching ini, mari kita simak ilustrasi berikut: Pak Amir adalah seorang pengemudi kendaraan di Kota Tangerang. Saat ini, ia mengantarkan Pak Handoko ke tempat tujuannya. Ternyata jalanan macet dan Pak Handoko tampak panik mengingat acaranya yang ak

2.3.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 14

Image
Pada Kesempatan ini, saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Minggu ke-14 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4. Adapun model yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah model 5R ⟮Reporting, Responding, Relating, Reasoning, Reconstructing⟯ Berikut ini adalah hasil jurnal refleksi minggu ke-14 yang saya buat. 1. Reporting Di minggu ke-14 ini, Saya mengikuti kegiatan akhir pembelajaran modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional dan mengawali pembelajaran modul 2.3 Coaching. Awal minggu 14 saya mengikuti kegiatan Elaborasi Pemahaman bersama instruktur, narasumber, dan sesama CGP lainnya. Dalam kegiatan ini, kita berbagi pengalaman penerapan KSE dalam pembelajaran dan di luar pembelajaran. Kegiatan dilanjutkan dengan Koneksi Antar materi dan rencana Aksi Nyata. Dalam kegiatan Koneksi antar materi, saya artikel yang menggambarkan pemahaman pada Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) dan kaitan antara PSE dan pembelajaran berdiferensiasi. Pada rencana aksi nyata, saya membuat RPP