2.3.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 14

Pada Kesempatan ini, saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Minggu ke-14 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4. Adapun model yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah model 5R ⟮Reporting, Responding, Relating, Reasoning, Reconstructing⟯

Berikut ini adalah hasil jurnal refleksi minggu ke-14 yang saya buat.

1. Reporting

Di minggu ke-14 ini, Saya mengikuti kegiatan akhir pembelajaran modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional dan mengawali pembelajaran modul 2.3 Coaching. Awal minggu 14 saya mengikuti kegiatan Elaborasi Pemahaman bersama instruktur, narasumber, dan sesama CGP lainnya. Dalam kegiatan ini, kita berbagi pengalaman penerapan KSE dalam pembelajaran dan di luar pembelajaran. Kegiatan dilanjutkan dengan Koneksi Antar materi dan rencana Aksi Nyata. Dalam kegiatan Koneksi antar materi, saya artikel yang menggambarkan pemahaman pada Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) dan kaitan antara PSE dan pembelajaran berdiferensiasi. Pada rencana aksi nyata, saya membuat RPP yang terintegrasi dengan pembelajaran berdiferensiasi dan PSE. Mengingat kegiatan bulan maret masih padat dengan kegiatan Ujian Sekolah, maka RPP yang dibuat direncanakan diterapkan pada minggu ke-1 bulan April 2022. Akhir minggu 14, dilanjutkan dengan pembelajaran Modul 2.3 Coaching dimulai dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang kasus yang ditemui di sekolah, harapan pada diri, pada siswa, serta kegiatan, materi, dan hasil yang diinginkan.

2. Responding

Dari peristiwa terjadi pada minggu ini saya merasa sangat bersyukur bisa mengukuti kegiatan dengan baik, merasa senang dan bahagia serta bersyukur karena banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan tentang pembelajaran sosial emosional dimana sebagai bentuk menciptakan ekosistem sekolah yang berbudi pekerti bukan tentang aspek intelektual saja melainkan harus mempertimbangkan aspek sosial emosional dalam pembelajaran dan lingkungan sekolah.

3. Relating

Dari pembelajaran yang saya lakukan di LMS banyak hal yang sudah dapatkan. Dengan mempelajari modul PSE, saya dapat mengenali perasaan/emosi diri, mengelola diri, memahami orang lain, membangun komunikasi, dan mengambil keputusan dengan lebih baik. Sehingga, saya akan mampu melaksanakan pembelajaran, kegiatan sekolah, kegiatan di masyarakat, dan di keluarga dengan lebih baik, responsive, dan bertanggung jawab. Pembelajaran sosial emosional ini juga dapat saya terapkan dengan pembelajaran berdiferensiasi.

4. Reasoning

Selama mempelajari modul ini, saya telah mendapat banyak pengalaman dan perubahan dalam diri karena secara tidak langsung, proses pembelajaran disini menuntut CGP untuk mampu mengelola emosi dan menerapkan kompetensi sosial emosional ditengah-tengah kesibukan CGP sebagai pendidik, anggota masyarakat dan tugas-tugas lainnya yang harus dikerjakan dalam waktu yang cukup mendesak. Keadaan ini menambah wawasan saya terutama dalam pengendalian emosi yang saya miliki kemudian memberikan dan menerapkan pengetahuan saya kepada murid saya untuk membuat murid menyadari dirinya dan fokus mencari solusi dari permaslahan yang mereka hadapi.

5. Reconstructing

Rencana Alternatif yang bisa dilakukan dalam menghadapi kejadian serupa dimasa mendatang adalah mencoba menerapkan kompetensi sosial emosional yaitu kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran sosial, keterampilan relasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab dengan menerapkan berbagai teknik, yaitu STOP, POOCH dan lain-lain.


Demikian Jurnal Refleksi Minggu Ke-14 ini saya buat, semoga bermanfaat.
Salam dan Bahagia


Comments

Popular posts from this blog

Release Instaler dan Updater Aplikasi Rapor SP Versi 2023.F

Release Aplikasi Rapor SP - Rapor Kurikulum Merdeka Versi 2023

Panduan Lengkap Rapor SP Versi 2023

Aplikasi Gratis | Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan untuk SMA Pelaksana Kurikulum Merdeka

Patch Rapor SP untuk Sertifikat UKK