Posts

1.3.a.6 Refleksi Terbimbing - Visi Guru Penggerak

Image
Pada Kesempatan ini, saya akan mencoba melakukan refleksi individu terhadap proses kolaborasi yang telah saya lakukan bersama Fasilitator dan teman-teman CGP dalam diskusi ruang kolabosari. Dalam hal ini saya akan mencoba memaparkan berdasarkan poin-poin pertanyaan pada panduan LMS yaitu Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran dan Perubahan. Peristiwa :  Peristiwa-peristiwa apa saja yang terjadi dalam diskusi? Kegiatan kolaborasi hari ke-1 diawali dengan pemaparan oleh fasilitator terkait materi, penugasan maupun kesepakatan bersama, dilanjutkan dengan tugas mandiri memetakan aset, kekuatan dan fungsinya untuk masing-masing CGP dalam mewujudkan visi yang telah dibuat, setelah 20 menit dilanjutkan di BOR masing-masing kelompok, pada diskusi di BOR dilaksanakan kegiatan presentasi anggota kelompok secara bergiliran dilanjutkan dengan diskusi untuk menentukan model yang akan dipergunakan dalam presentasi dan penyajian peta aset dan kekuatan. Setelah diskusi selesai, CGP kembali ke main room unt

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-6

Pada Kesempatan ini, saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Minggu ke-6 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4. Adapun model yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah model 5R ⟮ Reporting, Responding, Relating, Reasoning, Reconstructing⟯. 1.  Reporting Di minggu ke-6 ini, materi yang dipelajari adalah modul 1.3 tentang visi guru penggerak. Kegiatan mulai dari diri telah dimulai diakhir minggu ke-5, sehingga awal minggu ke-6 dimulai dengan kegiatan Eksplorasi Konsep - Visi Guru Penggerak.Pada kegiatan Eksplorasi Konsep ini CGP diajak membaca bahan ajar dan menyimak menonton video tentang manajemen perubahan berbasis Inkuiri Apresiatif, kemudian diminta menuliskan mimpi yang pernah dimiliki dahulu. CGP juga diminta membagikan impian tentang murid masa depan, dan berkomentar pada CGP lain. Konsep IA yang dipelajari pada Eksplorasi Konsep dibuat menjadi sebuah kesimpulan yang dibagikan pada LMS dan saling dikomentari oleh CGP. Di akhir minggu ke-6 CGP melakukan kegiatan Refleksi T

1.3.a.5. Ruang Kolaborasi - Visi Guru Penggerak

Image
 Kegiatan pada modul 1.3.a.5 merupakan kegiatan diskusi virtual dalam  Ruang Kolaborasi terkait Visi Guru Penggerak.  Kegiatan kolaborasi hari ke-1 diawali dengan pemaparan oleh fasilitator terkait materi, penugasan maupun kesepakatan bersama, dilanjutkan dengan tugas mandiri memetakan aset, kekuatan dan fungsinya untuk masing-masing CGP dalam mewujudkan visi yang telah dibuat, setelah 20 menit dilanjutkan di BOR masing-masing kelompok, pada diskusi di BOR dilaksanakan kegiatan presentasi anggota kelompok secara bergiliran dilanjutkan dengan diskusi untuk menentukan model yang akan dipergunakan dalam presentasi dan penyajian peta aset dan kekuatan. Setelah diskusi selesai, CGP kembali ke main room untuk memperoleh penjelasan teknis terkait tugas yang diupload dan presentasi kelompok di hari berikutnya. Pada hari ke2 dilanjutkan dengan kegiatan presentasi kelompok yang dilanjutkan dengan tanggapan dan masukan dari kelompok lainnya. Kegiatan diskusi kelompok berjalan lancar dan tiap kelo

1.3.a.4.2. Eksplorasi Konsep - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif

  Berikut ini merupakan Hasil Eksplorasi Konsep yang saya buat sebagai bagian dari tugas modul 1.3.a.4.2 Eksplorasi Konsep dalam pembelajaran Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Karangasem. Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif Menurut saya yang menjadi informasi utama dalam bacaan dan video yang disajikan adalah kita harus memiliki visi untuk menjadikan sekolah sebagai rumah yang aman, nyaman dan bermakna bagi murid dalam mewujudkan merdeka belajar. Dalam mewujudkan visi dapat dilakukan melalui sebuah pendekatan perubahan yang positif dan konstruktif di sekolah yang membutuhkan waktu dan bersifat bertahap. Pendekatan yang kita gunakan adalah Inkuiri Apresiatif (IA). Inkuiri Apresiatif dikenal sebagai pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. Inkuiri Apresiatif berusaha fokus pada kekuatan yang dimiliki setiap anggota dan menyatukannya untuk menghasilkan kekuatan tertinggi. Bila organisasi lebih banyak membangun sisi positif yang dimilikinya, maka kek

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-5

Pada Kesempatan ini, saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Minggu ke-5 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4. Adapun model yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah model 4C ⟮Connection, challenge, concept, change⟯. 1. Connection : Apa keterkaitan materi yang didapat dengan peran Anda sebagai Calon Guru Penggerak? Setelah mempelajari materi tentang nilai dan peran guru penggerak serta mengawai kegiatan mulai dari diri tentang perumusan visi guru penggerak, saya menyadari bahwa banyak sekali keterkaitan antara materi yang saya pejari dengan peran saya sebagai calon guru penggerak. Pembelajaran selama 1 minggu ini baik melalui LMS maupun secara virtual dengan instruktur memberikan saya pengalaman belajar yang luar biasa dalam melalukan ekplorasi konsep maupun menyusun keterkaitan antar materi, membuat kesimpulan serta menyusun aksi nyata terkait peran dan nilai guru penggerak yang telah dilakukan selama ini. Selain itu, mengawali kegiatan mulai dari diri pada modul 1.3 membe

1.3.a.3. Mulai dari Diri - Visi Guru Penggerak

Image
Berikut ini merupakan Tulisan Mulai dari Diri - Visi Guru Penggerak yang saya buat sebagai bagian dari tugas modul 1.3.a.3 Mulai dari diri dalam pembelajaran Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Karangasem.  Tugas pertama ini yaitu merumuskan visi kita sebagai guru penggerak melalui karya. Karya 1. Imajiku tentang Muridku di Masa Depan Karya 2. Merangkai mimpi lewat kata-kata: Melanjutkan tiap kalimat rumpang hingga menjadi satu kalimat atau satu paragraf utuh Karya 3. Mengartikulasikan visi kita tentang murid dan sekolah yang kita impikan dalam satu kalimat Berikut ini adalah hasil karya yang dibuat. Mulai dari diri Modul 1.3

1.2.a.10 Aksi Nyata - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Image
Sebagai tahapan terakhir dari siklus pembelajaran MERRDEKA pada Modul 1.2 Nilai dan peran guru Penggerak, Aksi Nyata merupakan ruang bagi CGP untuk menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh dalam satu rangkaian modul. Bagian ini diharapkan dapat menjadi proses pengembangan konsep yang sudah di dapatkan dengan implementasinya ke depan. Berikut ini adalah hasil karya aksi nyata modul 1.2 Nilai dan peran Guru Penggerak yang saya buat. Semoga Bermanfaat. Salam dan Bahagia Flip Book : Video Aksi Nyata :