JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-5

Pada Kesempatan ini, saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Minggu ke-5 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4. Adapun model yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah model 4C ⟮Connection, challenge, concept, change⟯.

1. Connection : Apa keterkaitan materi yang didapat dengan peran Anda sebagai Calon Guru Penggerak?

Setelah mempelajari materi tentang nilai dan peran guru penggerak serta mengawai kegiatan mulai dari diri tentang perumusan visi guru penggerak, saya menyadari bahwa banyak sekali keterkaitan antara materi yang saya pejari dengan peran saya sebagai calon guru penggerak. Pembelajaran selama 1 minggu ini baik melalui LMS maupun secara virtual dengan instruktur memberikan saya pengalaman belajar yang luar biasa dalam melalukan ekplorasi konsep maupun menyusun keterkaitan antar materi, membuat kesimpulan serta menyusun aksi nyata terkait peran dan nilai guru penggerak yang telah dilakukan selama ini. Selain itu, mengawali kegiatan mulai dari diri pada modul 1.3 memberikan saya pengalaman baru terkait langkah strategis dalam menyusun visi guru penggerak yang dimulai dari impian terhadap murid di masa depan hingga merangkai dalam sebuah visi guru penggerak.

2. Challenge : Adakah ide, materi atau pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik yang Anda jalankan selama ini?

Sejauh ini, semua ide, materi, dan pendapat yang disampaikan oleh narasumber terkait peran dan nilai guru penggerak tidak berbeda dari praktik yang selama ini saya lakukan di sekolah. Secara umum, materi dan pendapat narasumber terkait peran dan nilai guru penggerak dapat saya pahami dengan baik, namun dalam prakteknya selama ini masih belum optimal dapat saya jalankan sebagai seorang guru. Satu tantangan yang saya hadapi sebagai calon guru penggerak adalah perlunya komitmen dan dukungan yang kuat dari seluruh warga sekolah dan masyarakat untuk dapat menjalankan Peran dan nilai guru penggerak secara konsisten dan berkesinambungan serta mewujudkan visi guru penggerak kedepannya.

3. Concept : Ceritakan konsep-konsep utama yang Anda pelajari dan menurut Anda penting untuk terus dibawa selama menjadi Calon Guru Penggerak atau bahkan setelah menjadi Guru Penggerak?

Konsep utama yang saya pelajari minggu ini adalah bagaimana kita dapat memperkuat peran dan nilai-nilai guru penggerak untuk mewujudkan merdeka belajar dan membentuk profil pelajar pancasila. Seorang guru penggerak harus mampu menjalankan perannya Menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, mendorong kolaborasi antar guru, mewujudkan kepemimpinan murid. Dalam melaksanakan peran guru penggerak, guru harus mampu menginternalisasi nilai-nilai Mandiri, Reflektif, Kolaborasi, inovatif, dan Berpihak pada Murid. Dengan berbekal nilai dan peran guru penggerak tersebut, seorang guru nantinya diharapkan dapat menjadi tauladan dalam mewujudkan profill pelajar pancasila melalui pendekatan merdeka belajar. Selain penguatan akan konsep peran dan nilai guru penggerak tersebut, saya juga telah mengawali kegiatan pembelajaran dengan mencoba menghubungkan peran dan nilai guru penggerak dengan visi guru penggerak. Melalui kegiatan ini saya mencoba membayangkan bagaimana murid yang saya impikan di masa depan, dukungan lingkungan pendidikan hingga mencoba merangkai dalam sebuah visi guru penggerak dalam mewujudkan murid yang diimpikan tersebut.

4. Change : Apa perubahan dalam diri Anda yang ingin Anda lakukan setelah mendapatkan materi pada hari ini?

Perubahan dalam diri yang saya rasakan setelah mempelajari materi, berdiskusi, dan menyimak pemaparan fasilitator dan instruktur adalah :
  • Bertumbuhnya keinginan dari dalam diri untuk melakukan perubahan khususnya dalam menjalankan peran dan nilai guru penggerak yang dimulai dari diri sendiri.
  • Tumbuhnya kesadaran dalam diri tentang pentingnya keteladanan serta perlunya mengoptimalkan cara berpikir lambat dalam merespon dan menghadapi permasalahan yang terjadi baik dalam pembelajaran maupun dalam lingkungan sekitar.
  • Tumbuhnya motivasi untuk lebih aktif berkontribusi dan menumbuh kembangkan ilmu pengetahuan yang saya miliki melalui berbagai kegiatan seperti workhop, seminar maupun MGMP agar dapat menjalankan peran sebagai guru penggerak secara optimal.
  • Makin tersadarkan akan pentingnya visi guru penggerak untuk mewujudkan siswa yang kita idam-idamkan di masa depan.

Demikian Jurnal Refleksi Minggu Ke-5 yang saya susun.

Salam dan Bahagia.

Comments

Popular posts from this blog

Release Instaler dan Updater Aplikasi Rapor SP Versi 2023.F

Release Aplikasi Rapor SP - Rapor Kurikulum Merdeka Versi 2023

Panduan Lengkap Rapor SP Versi 2023

Patch Rapor SP untuk Sertifikat UKK

Aplikasi Gratis | Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan untuk SMA Pelaksana Kurikulum Merdeka