1.3.a.4.2. Eksplorasi Konsep - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif

 Berikut ini merupakan Hasil Eksplorasi Konsep yang saya buat sebagai bagian dari tugas modul 1.3.a.4.2 Eksplorasi Konsep dalam pembelajaran Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Karangasem.

Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif

Menurut saya yang menjadi informasi utama dalam bacaan dan video yang disajikan adalah kita harus memiliki visi untuk menjadikan sekolah sebagai rumah yang aman, nyaman dan bermakna bagi murid dalam mewujudkan merdeka belajar. Dalam mewujudkan visi dapat dilakukan melalui sebuah pendekatan perubahan yang positif dan konstruktif di sekolah yang membutuhkan waktu dan bersifat bertahap. Pendekatan yang kita gunakan adalah Inkuiri Apresiatif (IA). Inkuiri Apresiatif dikenal sebagai pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. Inkuiri Apresiatif berusaha fokus pada kekuatan yang dimiliki setiap anggota dan menyatukannya untuk menghasilkan kekuatan tertinggi. Bila organisasi lebih banyak membangun sisi positif yang dimilikinya, maka kekuatan SDM dipastikan akan meningkat dan  berkembang secara berkelanjutan. Pendekatan Inkuiri Apresiatif dimulai dengan mengidentifikasi hal baik apa yang ada, mencari cara agar hal tersebut dipertahankan, lalu memunculkan strategi untuk mewujudkan perubahan ke arah lebih baik. Menyelaraskan kekuatan dengan visi sekolah dan visi seluruh warga sekolah.

Tahapan utama dalam pendekatan Inkuiri Apresiatif adalah BAGJA. Dalam bahasa Sunda, BAGJA artinya bahagia. BAGJA kepanjangadari Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabaran Rencana, Atur Eksekusi. Jadi tahapan-tahapan BAGJA adalah :
  1. Buat pertanyaan utama yaitu merumuskan pertanyaan sebagai penentu arah penelusuran terkait perubahan apa yang diinginkan.
  2. Ambil Pelajaran yaitu mengumpulkan berbagai pengalaman positif yang telah dicapai dan pelajaran apa yang dapat diambil.
  3. Gali Mimpi tahap ini kita dapat menyusun narasi tentang kondisi ideal apa yang diimpikan terjadi di sekolah. Visi benar-benar dirumuskan dengan jelas.
  4. Jabarkan Rencana yaitu merumuskan rencana tindakan tentang hal-hal penting yang perlu dilakukan untuk mewujudkan visi.
  5. Atur Eksekusi yaitu memutuskan langkah-langkah yang akan diambil, siapa yang terlibat, bagaimana strateginya, dan aksi lainnya demi mewujudkan visi perlahan-lahan.
Informasi yang paling membantu untuk menerapkan peran sebagai guru penggerak adalah kita harus memiliki visi dan mewujudkannya. Salah satu caranya dengan pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA) dimana fokus kepada kekuatan yang dimiliki warga sekolah untuk menciptakan budaya sekolah yang lebih baik. Untuk mewujudkan visi tersebut kita bisa menerapkan peran yaitu menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru lain, Mendorong kolaborasi antar guru, dan mewujudkan kepemimpinan murid. Jika kita berfokus pada kekuatan maka kita memiliki motivasi untuk melakukan perubahan menanamkan profil pelajar pancasila dan mewujudkan merdeka belajar.

Comments

Popular posts from this blog

Release Instaler dan Updater Aplikasi Rapor SP Versi 2023.F

Release Aplikasi Rapor SP - Rapor Kurikulum Merdeka Versi 2023

Panduan Lengkap Rapor SP Versi 2023

Patch Rapor SP untuk Sertifikat UKK

Aplikasi Gratis | Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan untuk SMA Pelaksana Kurikulum Merdeka