JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-6

Pada Kesempatan ini, saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Minggu ke-6 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4. Adapun model yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah model 5R ⟮ Reporting, Responding, Relating, Reasoning, Reconstructing⟯.

1. Reporting
Di minggu ke-6 ini, materi yang dipelajari adalah modul 1.3 tentang visi guru penggerak. Kegiatan mulai dari diri telah dimulai diakhir minggu ke-5, sehingga awal minggu ke-6 dimulai dengan kegiatan Eksplorasi Konsep - Visi Guru Penggerak.Pada kegiatan Eksplorasi Konsep ini CGP diajak membaca bahan ajar dan menyimak menonton video tentang manajemen perubahan berbasis Inkuiri Apresiatif, kemudian diminta menuliskan mimpi yang pernah dimiliki dahulu. CGP juga diminta membagikan impian tentang murid masa depan, dan berkomentar pada CGP lain. Konsep IA yang dipelajari pada Eksplorasi Konsep dibuat menjadi sebuah kesimpulan yang dibagikan pada LMS dan saling dikomentari oleh CGP.
Di akhir minggu ke-6 CGP melakukan kegiatan Refleksi Terbimbing, melalui kegiatan ini CGP melakukan refleksi megenai murid yang diimpikan dan cara pencapaian visi mengenai murid berdasarkan pendekatan Inkuiri Apresiatif. Dan melakukan refleksi individu 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, Perubahan) mengenai proses pembelajaran yang telah dilalui dan mendiskusikannya bersama dengan rekan Calon Guru dengan rekan Calon Guru Penggerak (CGP) dan Fasilit Penggerak (CGP) dan Fasilitator.

2. Responding
Dari peristiwa terjadi pada minggu ini saya merasa sangat bersyukur bisa mengukuti kegiatan dengan baik, merasa senang dan bahagia mengikuti kegiatan karena dapat berperan aktif dan berkolaborasi dengan teman teman CGP hebat, serta saya juga merasa termotivasi untuk dapat belajar lebih baik lagi utamanya dalam memahami materi modul maupun dalam penyajian presentasi dan berdiskusi. Banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan tentang visi guru penggerak serta bagaimana memetakan aset sebagai sumber kekuatan yang kita miliki untuk dapat mewujudkan visi yang kita buat.

3. Relating
Melalui kegiatan pembelajaran mengenai Inkuiri Apresiatif khususnya saat mempelajari pemetaan aset, kekuatan, dan fungsinya dalam mewujudkan visi, saya memperoleh pembelajaran tentang bagaimana mengidentifikasi, mengelola dan mengoptimalkan aset yang kita miliki dalam mewujudkan visi. Mengidentifikasi pemetaan kekuatan sangat diperlukan oleh semua orang ketika ia ingin merancang dan mewujudkan sebuah visi. Dengan adanya pemetaan kekuatan, kita akan memperoleh gambaran umum mengenai kekuatan dan aset yang dimiliki sehingga mampu menggoptimalkan semua sumber kekuatan tersebut untuk tujuan melakukan perubahan guna mewujudkan visi yang dibuat. Hal ini sesuai dengan ilmu manajemen inkuiri apresiatif yang dirumuskan dalam tahapan BAGJA, mulai dari Buat pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi.

4. Reasoning
Selama hampir 6 minggu pembelajaran pada pendidikan Guru Penggerak ini, saya telah mendapat banyak pengalaman dan perubahan dalam diri karena proses pembelajaran disini menuntut CGP untuk dapat berkolaborasi, mandiri, reflektif serta kreatif. Keadaan ini menambah wawasan saya dalam proses menganalisis dan memetakan kekuatan aset yang dimiliki untuk dapat dimanfaatkan sebagai sumber kekuatan dalam mewujudkan visi yang dibangun. Setelah mempelajari konsep manajemen inkuiri apresiatif melalui tahapan BAGJA serta memulai melakukan proses pemetaan kekuatan aset beserta fungsinya saya semakin memahami akan pentingnya pengelolaan kekuatan positif yang dimiliki serta menerapkan manajemen inkuiri apresiatif dengan tahapan BAGJA untuk melakukan perubahan guna mewujudkan visi yang dibuat.

5. Reconstructing
Rencana Alternatif yang bisa dilakukan dalam menghadapi kejadian serupa dimasa mendatang adalah perlu melihat dan menggali lebih jauh kekuatan yang dimiliki baik yang bersumber dari dalam maupun luar diri, serta memaksimalkan sumber-sumber kekuatan tersebut untuk mencapai sebuah visi. Untuk mencapai hal tersebut tentunya harus selalu menumbuhkan nilai-nilai guru penggerak dalam diri seperti kolaboratif, mandiri, bertanggung jawab, reflektif dan selalu berpikir positif sehingga kelemahan yang dimiliki dapat menjadi sumber kekuatan baru dalam mewujudkan visi yang dibuat.


Demikian Jurnal Refleksi Minggu Ke-6 yang saya susun.

Salam dan Bahagia.

Comments

Popular posts from this blog

Release Instaler dan Updater Aplikasi Rapor SP Versi 2023.F

Release Aplikasi Rapor SP - Rapor Kurikulum Merdeka Versi 2023

Panduan Lengkap Rapor SP Versi 2023

Patch Rapor SP untuk Sertifikat UKK

Aplikasi Gratis | Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan untuk SMA Pelaksana Kurikulum Merdeka