1.3.a.6 Refleksi Terbimbing - Visi Guru Penggerak

Pada Kesempatan ini, saya akan mencoba melakukan refleksi individu terhadap proses kolaborasi yang telah saya lakukan bersama Fasilitator dan teman-teman CGP dalam diskusi ruang kolabosari. Dalam hal ini saya akan mencoba memaparkan berdasarkan poin-poin pertanyaan pada panduan LMS yaitu Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran dan Perubahan.


  • Peristiwa : Peristiwa-peristiwa apa saja yang terjadi dalam diskusi?
    Kegiatan kolaborasi hari ke-1 diawali dengan pemaparan oleh fasilitator terkait materi, penugasan maupun kesepakatan bersama, dilanjutkan dengan tugas mandiri memetakan aset, kekuatan dan fungsinya untuk masing-masing CGP dalam mewujudkan visi yang telah dibuat, setelah 20 menit dilanjutkan di BOR masing-masing kelompok, pada diskusi di BOR dilaksanakan kegiatan presentasi anggota kelompok secara bergiliran dilanjutkan dengan diskusi untuk menentukan model yang akan dipergunakan dalam presentasi dan penyajian peta aset dan kekuatan. Setelah diskusi selesai, CGP kembali ke main room untuk memperoleh penjelasan teknis terkait tugas yang diupload dan presentasi kelompok di hari berikutnya. Pada hari ke2 dilanjutkan dengan kegiatan presentasi kelompok yang dilanjutkan dengan tanggapan dan masukan dari kelompok lainnya. Kegiatan diskusi kelompok berjalan lancar dan tiap kelompok telah mempresentasikan karyanya masing masing, serta dalam kegiatan diskusi nampak semua peserta aktif memberi masukan dan umpan balik.

  • Perasaan : Perasaan apa yang muncul saat proses pembelajaran?
    Perasaan yang muncul saat proses pembelajaran antara lain : saya bersyukur bisa mengukuti kegiatan dengan baik, merasa senang dan bahagia mengikuti kegiatan karena dapat berperan aktif dan berkolaborasi dengan teman teman CGP hebat, serta saya juga merasa termotivasi untuk dapat belajar lebih baik lagi utamanya dalam memahami materi modul maupun dalam penyajian presentasi dan berdiskusi.

  • Pembelajaran : Pembelajaran apa saja yang diperoleh melalui peta kekuatan?
    Pembelajaran yang saya peroleh melalui peta kekuatan yaitu : 1) Saya dapat mengetahui aset, kekuatan beserta fungsinya yang ada disekolah saya untuk dapat ditumbuhkembangkan dan sebagai pendukung dalam pencapaian visi yang telah dibangun. 2) melalui kegiatan kolaborasi saya juga mengetahui kekuatan dari sekolah lain tempat teman - teman CGP bertugas, sehingga bisa di jadikan referensi dalam pengembangan visi di sekolah saya untuk menuju perubahan yang lebih baik. 3). Dalam pembelajaran kali ini juga memberikan pengalaman belajar yang sangat menarik, menantang, menyenangkan dan kolaboratif.

  • Perubahan :  Apa saja yang perlu saya pelajari lebih lanjut?,  Apa saja strategi yang dilakukan untuk melaksanakan perubahan?
    Hal-hal yang perlu saya pelajari lebih lanjut untuk membuat perubahan dengan konsep inkuiri apresiatif diantaranya: 1. Memahami lebih lanjut tentang tahapan-tahapan refleksi dan pendekatan inkuiri apresiatif; 2. mempelajari dan menggali lagi aset-aset yang dimiliki baik dari dalam diri kita maupun dari luar diri yang mempengaruhi kita melakukan suatu perubahan sesuai dengan visi yang dibuat; Strategi yang dilakukan untuk mencapai perubahan adalah : 1). Melakukan pemetaan kembali aset-aset dan kekuatan yang dimiliki dan memanfaatkan aset-aset tersebut secara optimal untuk melakukan perubahan. 2). Berlatih menerapkan paradigma inkuiri apresiatif dengan tahapan BAGJA untuk memanfaatkan kekuatan aset yang dimiliki dalam melakukan perubahan. 3) Terus belajar dan berusaha menumbuh kembangkan nilai-nilai guru penggerak yang dimiki, serta melakukan koordinasi, komunikasi, dan kolaborasi secara intens dengan pihak-pihak terkait untuk pencapaian target perubahan yang akan dilakukan.
     

Comments

Popular posts from this blog

Release Instaler dan Updater Aplikasi Rapor SP Versi 2023.F

Release Aplikasi Rapor SP - Rapor Kurikulum Merdeka Versi 2023

Panduan Lengkap Rapor SP Versi 2023

Aplikasi Gratis | Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan untuk SMA Pelaksana Kurikulum Merdeka

Patch Rapor SP untuk Sertifikat UKK