Posts

1.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Berikut ini merupakan Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang saya buat sebagai bagian dari tugas modul 1.1.a.9 Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam pembelajaran Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Karangasem KESIMPULAN DAN REFLEKSI PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA Koneksi Antar Materi Raden Mas Soeryadi Soeningrat atau dikenal dengan Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta 2 Mei 1889. Beliau adalah salah satu tokoh penting dalam dunia pendidikan Indonesia.  Pendidikan Zaman Kolonial menjadi langkah  perjalanan pendidikan Indonesia sebelum kemerdekaan dan peran sekolah Taman Siswa sejak pendiriannya di tahun 1922. Menurut Ki Hajar Dewantara, “pendidikan dan pengajaran merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya dalam arti yang seluas-luasnya”. Pendidikan adalah tempat persemaian benih-benih kebudayaan dalam masyarakat. KHD memiliki keyakinan bahwa untuk

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-2

Image
Pada Kesempatan ini, saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Minggu ke-2 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4.  Adapun model yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah model 2 yaitu DEAL (Description, Examination and Articulation of Learning ). 1.       Description : 5W1H ( Apa, siapa, di mana, Kapan, mengapa, bagaimana) Pembelajaran yang telah saya lakukan di minggu kedua memberikan pengalaman baru bagi diri saya. Adapun yang saya kerjakan di minggu kedua adalah melaksanakan presentasi di ruang kolaborasi untuk mendiskusikan dan memaparkan penerapan hal-hal positif dari pemikiran KHD serta konsep merdeka belajar dalam profil pelajar pancasila. Dalam kegiatan ini kami melakukan presentasi di bimbing langsung oleh Fasilitator dan bergabung dengan teman-teman dari kelompok lain untuk memberikan tanggapan positif terhadap presentasi yang disampaikan oleh-masing-masing kelompok. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu, 23 Oktober 2021 secara daring melalui googlemeet yang dihadi

1.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemikiran Filosofis Ki Hadjar Dewantara dalam Karya

Image
Berikut ini merupakan Gambaran Pemikiran Filosofis Ki Hadjar Dewantara yang saya buat dalam bentuk infografis sebagai bagian dari tugas modul 1.1.a.7 Demonstrasi Kontekstual dalam pembelajaran Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Karangasem.

1.1.a.6. Refleksi Terbimbing - Presentasi Kerangka Filosofis ‘Merdeka Belajar’

Berikut ini merupakan Tulisan Presentasi Kerangka Filosofis ‘Merdeka Belajar’ yang saya buat sebagai bagian dari tugas modul 1.1.a.6 Refleksi Terbimbing dalam pembelajaran Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Karangasem. PRESENTASI KERANGKA FILOSOFIS ‘MERDEKA BELAJAR’ Pemikiran pemikiran Ki Hadjar Dewantara mengenai pendidikan dapat merubah pola pikir saya untuk mengubah paradigma pembelajaran yang selama ini saya terapkan. Banyak pengetahuan dan pengalaman baru yang saya dapatkan setelah saya mempelajari dan mendalami pemikiran dari Ki Hadjar Dewantara diantaranya adalah : Menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak sehingga anak dapat mencapai titik keselamatan dan kebahagian yang setinggi - tingginya. Dalam hal ini menuntun bukan pada kodrat dasarnya tapi menuntun untuk memperbaiki tingkah lakunya. KHD juga mengingatkan bahwa dalam menuntun kodrat anak harus disesuaikan dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat a

1.1.a.5.2. Ruang Kolaborasi - Unggah Kerangka Pembelajaran sesuai dengan Pemikiran KHD

Kegiatan pada modul 1.1.a.5 merupakan kegiatan diskusi virtual dalam  Ruang Kolaborasi untuk Mendesain Kerangka Pembelajaran sesuai dengan Pemikiran KHD. Hasil dari diskusi kelompok dipresentasikan dan didiskusikan secara virtual melalui googlemeet yang difasilitasi langsung oleh fasilitator. berikut ini adalah media presentasi hasil diskusi Ruang Kolaborasi - Mendesain Kerangka Pembelajaran sesuai dengan Pemikiran KHD yang dibuat kelompok saya. Microsoft PowerPoint - Tugas Kelompok A1

Jurnal Refleksi Minggu 1

Pada Kesempatan ini, ijinkan saya memaparkan Jurnal Refleksi Minggu ke-1 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4.  Adapun model yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah 4F (Facts, Feelings, Findings, Future). 1.      Facts (Peristiwa) Kegiatan Calon Guru Penggerak yang saya ikuti dimulai dari kegiatan seleksi tahap I yaitu mengisi CV, Essai dan Tes Bakat Skolastik yang dilaksanakan secara Daring yang diakses melalui Portal SIM-PKB. Setelah dinyatakan lulus tahap I kemudian dilanjutkan pada seleksi tahap II yaitu Tes Wawancara dan Praktek Mengajar. Hasil Seleksi Calon Guru Penggerak Angkatan 4 secara resmi diumumkan pada Tanggal 30 September 2021 serta dinyatakan lulus. Mengawali kegiatan calon guru penggerak dilaksanakan Lokakarya Perdana yang dilaksanakan pada hari senin, 11 oktober 2021 bertempat di SMP Negeri 4 Bebandem. Kegiatan Lokakarya Perdana diawali dengan pembukaan oleh kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem kemudian dilanjutkan dengan

1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Image
  SALAM dan BAHAGIA Berikut ini merupakan Video Ekplorasi Konse Refleksi diri tentang pemikiran KHD yang saya buat dan disajikan dalam bentuk video sebagai bagian dari tugas modul 1.1.a.4 Eksplorasi Konsep, dalam pembelajaran Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Karangasem.