JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-2

Pada Kesempatan ini, saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Minggu ke-2 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4.  Adapun model yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah model 2 yaitu DEAL (Description, Examination and Articulation of Learning ).

1.       Description : 5W1H ( Apa, siapa, di mana, Kapan, mengapa, bagaimana)

Pembelajaran yang telah saya lakukan di minggu kedua memberikan pengalaman baru bagi diri saya. Adapun yang saya kerjakan di minggu kedua adalah melaksanakan presentasi di ruang kolaborasi untuk mendiskusikan dan memaparkan penerapan hal-hal positif dari pemikiran KHD serta konsep merdeka belajar dalam profil pelajar pancasila. Dalam kegiatan ini kami melakukan presentasi di bimbing langsung oleh Fasilitator dan bergabung dengan teman-teman dari kelompok lain untuk memberikan tanggapan positif terhadap presentasi yang disampaikan oleh-masing-masing kelompok. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu, 23 Oktober 2021 secara daring melalui googlemeet yang dihadiri 2 kelompok dimana kelompok A1 terdiri dari 5 orang dan kelompok A2 terdiri dari 5 orang anggota. Banyak hal positif khususnya dalam hal penerapan profil pelajar pancasila  yang saya dapatkan dalam kegiatan ini mulai dari pengalaman berkolaborasi dalam kelompok, presentasi dan menyimak serta menanggapi hasil presentasi kelompok.


Kegiataan berikutnya yang dilaksanakan minggu ini adalah mengerjakan di LMS tentang Refleksi terbimbing. Saya mengerjakan dalam bentuk blog langsung di LMS. Informasi tugas ini juga disampaikan oleh fasilitator. Hal berikutnya yang saya kerjakan melalui LMS adalah membuat satu karya teks atau verbal atau visual (video pendek/ komik/ lagu/ puisi/poster/ infografis) untuk menggambarkan pengetahuan dan pemahaman kami mengenai pemikiran filosofis KHD dalam konteks sebagai guru, interaksi dengan murid dan warga sekolah. Karya tersebut merupakan sebuah perumpamaan yang saya gunakan sebagai wujud kontekstual pemahaman saya terhadap pemikiran-pemikiran KHD. Adapun bentuk karya yang saya buat adalah sebuah gambar/infografis yang saya buat menggunakan aplikasi Photoshop.
Berikut adalah adalah karya demonstrasi kontekstual yang saya buat.


Saya membuat karya infografis karena menurut saya infografis ini merupakan salah satu media penyampai informasi yang efektif, dengan menggunakan gambar sebagai penarik perhatian, disini saya mencoba untuk memberikan gambaran secara jelas, saya ingin apa yang saya sampaikan melalui infografis ini dapat terbaca maksud dan tujuannya walaupun yang melihat adalah orang awam yang berada diluar dunia Pendidikan.

Di akhir minggu ini (Jumat, 29 Oktober 2021) kegiatan yang diikuti adalah Webinar Elaborasi Pemahaman Modul 1.1 Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional. 


Dalam kegiatan ini saya mendapatkan banyak sekali cerita menarik dan pengetahuan baru tentang bagaimana metode pembelajaran yang diterapkan oleh Taman Siswa. Narasumber dalam kegiatan ini memberikan informasi yang penting dimana kemerdekaan belajar sangat diutamakan. Pola mendidik dengan sistem Among akan memberikan hasil yang positif karena dapat menghargai kodrat anak dari memerdekakan secara lahir, batin dan tenaganya. Kegiatan ini difasilitasi oleh P4TK Penjas BK.  Kegiatan ini dilaksanakan sebagai gambaran penerapan merdeka belajar. Seusai mengikuti webinar tersebut dilanjutkan dengan zoom meeting sesuai jenjang dimana saat itu saya mengikuti pada zoom jenjang SMA.  


Pada pertemuan via Zoom tersebut, saya mendengarkan paparan langsung dari Sanggar Anak Alam Yogyakarta oleh Bapak Bidi Santosa. Ketika melaksanakan webinar fasilitator dan pengajar praktik memberikan penguatan-penguatan terkait penerapan konsep merdeka belajar khususnya pada jenjang SMA.

2.       Examination

Pelaksanaan kegiataan pada minggu kedua ini sudah sesuai dengan apa yang direncanakan. Saya mencoba melaksankan sesuai dengan jadwal yang ada di LMS dan petunjuk dari fasilitator dan pengajar praktik. Hal ini memberikan tujuan ke depan agar saya lebih berdisiplin terhadap waktu yang saya miliki.

Jadwal Kegiataan Minggu Kedua

No.

Hari/Tanggal

Rencana

Pelaksanaan

1.

Senin, 25 Oktober 2021

Ruang Kolaborasi - Presentasi

Terlaksana melalui gmeet bersama fasilitator

2.

Selasa, 26 Oktober 2021

Refleksi Terbimbing-asinkron

Terlaksana mengerjakan di LMS

3.

Rabu, 27 Oktober 2021

Demonstrasi kontekstual

Terlaksana membuat sebuah karya dan menunggah di LMS

4.

Kamis, 28 Oktober 2021

Demonstrasi kontekstual

Terlaksana

5.

Jumat, 29 Oktober 2021

Elaborasi pemahaman (Konferensi)

Terlaksana

6.

Sabtu, 30 Oktober 2021

Jurnal Refleksi Minggguan

Terlaksana dengan mengunakan model DEAL (Description, Examination and Articulation of Learning)

 

3.       Articulation of Learning

Hal yang saya pelajari dari kegiataan minggu ini adalah mencoba disiplin dalam waktu, agar lebih teratur dalam menjalankan kegiataan. Peran saya sebagai guru dapat terlaksana dengan baik begitupun peran saya sebagai calon guru penggerak. Selain itu hal lain yang dapat saya dapatkan adalah melaksanakan segalanya dengan ikhlas. Sesuatu yang dikerjakan dengan ketulusan apapun hasilnya akan tetap memberikan hal yang baik. Untuk ke depannya saya akan lebih merencanakan sesuatu dengan baik untuk mendapatkan hasil maksimal.


Comments

Popular posts from this blog

Release Instaler dan Updater Aplikasi Rapor SP Versi 2023.F

Release Aplikasi Rapor SP - Rapor Kurikulum Merdeka Versi 2023

Panduan Lengkap Rapor SP Versi 2023

Aplikasi Gratis | Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan untuk SMA Pelaksana Kurikulum Merdeka

Patch Rapor SP untuk Sertifikat UKK