1.2.a.6. Refleksi Terbimbing - Nilai dan Peran Guru Penggerak
Nilai diri yang yang terdapat pada diri saya selama ini yaitu rasa ingin tahu yang tinggi, mandiri dan kolaboratif.
- Rasa ingin tahu yang tinggi, selama ini saya memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi , selalu merasa penasaran yang menimbulkan diri selalu ingin mengupgrade informasi.
- Mandiri merupakan hal yang penting dimana merasa tidak tergantung dengan orang lain setiap ada tugas apapun, merasa bertanggung jawab sehingga berusaha untuk mengerjakan sendiri.
- Kolaboratif, selalu ingin mencari informasi, saling bertukar pengalaman dan pengetahuan sehingga memperoleh saran dan masukan yang bersifat membangun
2. Apa yang saya rasakan setelah mengetahui nilai dari Guru Penggerak? Jelaskan!
3. Apa saja nilai diri Guru Penggerak yang sudah saya miliki sekarang?
Semua nilai diri Guru Penggerak
sudah saya miliki hanya saja perlu peningkatan, pengembangan dan penguatan
lebih lanjut agar apa yang dilaksanakan bisa optimal dan hasil yang diperoleh juga
maksimal.
4. Diantara nilai-nilai yang sudah saya pelajari, nilai apa yang saya rasa perlu saya kuatkan? jelaskan!
Nilai yang perlu saya kuatkan adalah reflektif dan berpihak pada murid.
a. Reflektif, selama ini saya terkadang masih jarang melakukan refleksi terhadap apa yang saya lakukan dan menggunakan hasil refleksi itu sebagai suatu penguatan untuk perbaikan terhadap kekurangan dari apa yang saya lakukan. Kegiatan reflektif yang saya lakukan baru sebatas pada kegiatan pembelajaran saja itupun belum dapat dilaksanakan secara rutin. Menurut saya nilai reflektif ini harus dapat dilakukan secara rutin dan dilakukan pada pada segala bidang, bukan saja pada kegiatan pembelajaran.
5. Apa yang saya rasakan setelah mengetahui peran dari seorang Guru Penggerak?
6. Apa yang bisa saya lakukan (khusus untuk diri saya) untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak?
Hal utama yang harus saya lakukan yaitu membuka pikiran dan menerima keadaan dengan tulus dan ikhlas atas hasil refleksi terhadap diri sendiri. Saya harus siap untuk memperbaiki hal-hal yang berkaitan dengan nilai dan peran guru penggerak, yang masih kurang dalam diri saya. Dengan memantapkan hati untuk berubah dan bergerak maka saya akan dapat menguatkan nilai dan peran tersebut. Langkah konkrit yang akan saya lakukan yakni :
- Meningkatkan kompetensi diri dengan terus mengisi diri dengan hal baru khususnya dalam bidang pendidikan serta terus berkolaborasi dengan siswa, rekan guru, manajemen sekolah, orang tua siswa dan masyarakat.
- Menerapkan ilmu, pengetahuan ketrampilan yang diperoleh dari hasil pengembangan diri melalui aksi nyata di kelas.
- Mendorong dan mendelegasikan murid untuk mengikuti berbagai pelatihan kepemimpinan murid di dalam atau luar lingkungan sekolah.
- Menumbuhkan motivasi diri dan kemauan yang kuat dari diri sendiri sebagai Guru Penggerak dalam menjalankan perannya.
- Membuat Komunitas untuk bergerak bersinergis, berkolaborasi dalam melakukan aksi nyata dalam menjalankan perannya.
- Meminta dukungan penuh dari pihak sekolah dan warga sekolah lainnya dalam melakukan aksi nyata transformasi pendidikan di sekolah.
7. Apa yang akan menghambat saya dalam memperkuat peran dan nilai Guru Penggerak dalam diri saya?
Hambatan utama biasanya datang dari diri sendiri, yakni hilangnya komitmen karena kurangnya keteguhan atas pendirian. Selain itu hal yang dapat menghambat adalah kurangnya dukungan dari lingkungan keluarga, sekolah ataupun masyarakat. Hal lain yang dapat menghambat yakni manajemen terhadap waktu. Mengingat seringnya terjadi benturan antara kegiatan sekolah, adat dan keluarga yang mana kita harus pandai untuk menentukan sekala prioritas dalam mengambil keputusan.
Selamat dan pantang mundur Bli, kami salute dan ingin meneladani tapi terbentur dengan usia yang tak lama lagi pesiun
ReplyDelete