1.2.a.6. Refleksi Terbimbing - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Berikut ini merupakan Tulisan Terbimbing tentang Nilai dan peran Guru Penggeran  yang saya buat sebagai bagian dari tugas modul 1.2.a.6 Refleksi Terbimbing dalam pembelajaran Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Karangasem.

REFLEKSI TERBIMBING - NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

1.  Apa saja nilai diri saya? (yang terdapat pada bagian mulai dari diri)

Nilai diri yang yang terdapat pada diri saya selama ini yaitu rasa ingin tahu yang tinggi, mandiri dan kolaboratif.

  • Rasa ingin tahu yang tinggi, selama ini saya memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi , selalu merasa penasaran yang menimbulkan diri selalu ingin mengupgrade informasi.
  • Mandiri merupakan hal yang penting dimana merasa tidak tergantung dengan orang lain setiap ada tugas apapun, merasa bertanggung jawab sehingga berusaha untuk mengerjakan sendiri.
  • Kolaboratif, selalu ingin mencari informasi, saling bertukar pengalaman dan pengetahuan sehingga memperoleh saran dan masukan yang bersifat membangun

2.  Apa yang saya rasakan setelah mengetahui nilai dari Guru Penggerak? Jelaskan!

Setelah mengetahui nilai guru penggerak saya jadi termotivasi untuk makin menyelami lebih dalam nilai-nilai dalam guru penggerak. Lebih tersadarkan akan pentingnya seorang guru penggerak sebagai agen perubahan yang diharapkan akan memberikan kantribusi dan mentransformasi pendidikan dengan nilai-nilai agungnya. 
Nilai-nilai guru penggerak tersebut (Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, serta Berpihak pada Murid) pasti akan menciptakan tatanan kehidupan yang berbudi pekerti luhur serta berintelektual jika bisa dilakukan oleh semua orang yang terkait dalam dunia pendidikan. Melalui penerapan nilai-nilai guru penggerak ini, maka dapat menjadikan guru sebagai teladan khususnya bagi siswa sehingga dapat mewujudkan merdeka belajar guna menumbuhkembangkan profil pelajar pancasila.

3.   Apa saja nilai diri Guru Penggerak yang sudah saya miliki sekarang?

Semua nilai diri Guru Penggerak sudah saya miliki hanya saja perlu peningkatan, pengembangan dan penguatan lebih lanjut agar apa yang dilaksanakan bisa optimal dan hasil yang diperoleh juga maksimal.

a.   Mandiri

b.   Reflektif
Mengadakan evaluasi dengan meminta murid/rekan sejawat memberikan komentar ataupun penilaian dari kegiatan pembelajaran dan program sekolah untuk mendapatkan umpan baik dan tindak lanjut dari kegiatan.

c.   Kolaboratif
Yang sudah saya lakukan terkait dengan kolaboratif diantaranya : bekerja sama dengan rekan sejawat dalam menyusun rencana program sekolah maupun pembelajaran, bekerjasama dengan guru lain, guru BK, Wali kelas dan Orangtua dalam mengatasi permasalahan belajar yang dihadapi oleh siswa.

d.   Inovatif
Yang sudah saya lakukan terkait dengan nilai inovatif diantaranya : mampu membuat media pembelajaran menggunakan berbagai aplikasi yang menarik, membuat karya inovatif dalam bidang pendidikan seperti aplikasi erapor, media pembelajaran berbasis TIK maupun Pengembangan LMS serta membuat video pembelajaran yang diupload di youtube untuk mendukung konten pembelajaran daring bagi siswa.

e.   Berpihak pada murid
Yang sudah saya lakukan terkait dengan nilai berpihak pada murid diantaranya : membiasakan kegiatan pembelajaran dengan meminta siswa bertanya sebelum melanjutkan materi, memanfaatkan multimedia pembelajaran dan kegiatan praktikum dalam pembelajaran untuk memfasilitasi siswa belajar dengan gaya belajar yang berbeda-beda, memberikan kebebasan pada siswa untuk mengerjakan tugas sesuai kecepatan belajar dan tekniknya masing-masing, serta memberikan kebebasan pada siswa untuk memanfaatkan sumber-sumber belajar yang ada.

4.    Diantara nilai-nilai yang sudah saya pelajari, nilai apa yang saya rasa perlu saya kuatkan? jelaskan!

Nilai yang perlu saya kuatkan adalah reflektif dan berpihak pada murid.

a.  Reflektif, selama ini saya terkadang masih jarang melakukan refleksi terhadap apa yang saya lakukan dan menggunakan hasil refleksi itu sebagai suatu penguatan untuk perbaikan terhadap kekurangan dari apa yang saya lakukan.  Kegiatan reflektif yang saya lakukan baru sebatas pada kegiatan pembelajaran saja itupun belum dapat dilaksanakan secara rutin. Menurut saya nilai reflektif ini harus dapat dilakukan secara rutin dan dilakukan pada pada segala bidang, bukan saja pada kegiatan pembelajaran.

b. Berpihak pada murid, guru penggerak harus menghargai setiap kemampuan murid, setiap murid tidaklah sama dalam kebutuhan dan keterampilannya. Sedangkan pada saat ini khususnya dalam proses pembelajaran, saya masih terfokus untuk mengejar ketercapaian belajar murid berdasarkan ketuntasan pada kurikulum, dan belum sepenuhnya memberikan kebebasan pada siswa untuk mengembangkan kompetensinya sesuai minat dan bakat siswa secara individual.

5.  Apa yang saya rasakan setelah mengetahui peran dari seorang Guru Penggerak?

Setelah saya mengetahui peran dari seorang Guru penggerak, saya merasa semakin tertarik dan termotivasi untuk mempelajarinya lebih mendalam agar dapat melakukan perubahan baik dalam diri saya maupun lingkungan, memperhatikan tumbuh kembang murid dan memotivasi tidak hanya murid tetapi rekan guru di sekolah untuk melakukan perubahan dalam mewujudkan nilai diri pada guru penggerak guna mewujudkan merdeka belajar dan mencetak profil pelajar pancasila.

6.  Apa yang bisa saya lakukan (khusus untuk diri saya) untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak?

Hal utama yang harus saya lakukan yaitu membuka pikiran dan menerima keadaan dengan tulus dan ikhlas atas hasil refleksi terhadap diri sendiri. Saya harus siap untuk memperbaiki hal-hal yang berkaitan dengan nilai dan peran guru penggerak, yang masih kurang dalam diri saya. Dengan memantapkan hati untuk berubah dan bergerak maka saya akan dapat menguatkan nilai dan peran tersebut. Langkah konkrit yang akan saya lakukan yakni :

  • Meningkatkan kompetensi diri dengan terus mengisi diri dengan hal baru khususnya dalam bidang pendidikan serta terus berkolaborasi dengan siswa, rekan guru, manajemen sekolah, orang tua siswa dan masyarakat.
  • Menerapkan ilmu, pengetahuan ketrampilan yang diperoleh dari hasil pengembangan diri  melalui aksi nyata di kelas.
  • Mendorong dan mendelegasikan  murid untuk  mengikuti berbagai pelatihan  kepemimpinan murid di dalam atau luar lingkungan sekolah.
  • Menumbuhkan motivasi diri  dan kemauan yang kuat dari diri  sendiri sebagai Guru Penggerak dalam menjalankan perannya.
  • Membuat Komunitas untuk bergerak bersinergis, berkolaborasi dalam melakukan aksi nyata dalam menjalankan perannya.
  • Meminta dukungan penuh dari pihak sekolah dan warga sekolah lainnya dalam melakukan aksi nyata transformasi pendidikan di sekolah.

7.  Apa yang akan menghambat saya dalam memperkuat peran dan nilai Guru Penggerak dalam diri saya?

Hambatan utama biasanya datang dari diri sendiri, yakni hilangnya komitmen karena kurangnya keteguhan atas pendirian. Selain itu hal yang dapat menghambat adalah kurangnya dukungan dari lingkungan keluarga, sekolah ataupun masyarakat. Hal lain yang dapat menghambat yakni manajemen terhadap waktu. Mengingat seringnya terjadi benturan antara kegiatan sekolah, adat dan keluarga yang mana kita harus pandai untuk menentukan sekala prioritas dalam mengambil keputusan.

Selain itu kurangnya sinkronisasi kebijakan dalam bidang pendidikan juga dapat menjadi penghambat dalam memperkuat peran dan nilai guru penggerak, misalnya persyaratan beban kerja guru yang masih cukup tinggi dalam pembelajaran ditambah lagi beban kurikulum yang begitu padat dengan alokasi waktu yang tersedia sangat singkat membuat kebebasan guru dalam melaksanakan perannya semakin terbelenggu dan sulit untuk diimplementasikan, guru akan memfokuskan usahanya untuk memenuhi beban kerja dan ketercapaian kurikulum sehingga akan mengabaikan peran dan nilai guru penggerak yang harus ditumbuh kembangkan.

Comments

  1. Selamat dan pantang mundur Bli, kami salute dan ingin meneladani tapi terbentur dengan usia yang tak lama lagi pesiun

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Release Instaler dan Updater Aplikasi Rapor SP Versi 2023.F

Release Aplikasi Rapor SP - Rapor Kurikulum Merdeka Versi 2023

Panduan Lengkap Rapor SP Versi 2023

Patch Rapor SP untuk Sertifikat UKK

Aplikasi Gratis | Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan untuk SMA Pelaksana Kurikulum Merdeka