3.3.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 23

Minggu ini adalah minggu ke-23 yang merupakan minggu pertama dalam mempelajari modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid. Pada Kesempatan ini, saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Minggu ke-23 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4. 
Pembelajaran minggu ini diawali kegiatan mulai dari diri dengan melakukan refleksi dari pengalaman saat saya terlibat dalam program atau kegiatan yang dilaksanakan di bangku sekolah saya dulu. Kegiatan berikutnya adalah ekplorasi konsep yaitu melakukan ekplorasi konsep melalui kegiatan membaca dan menyimak materi ajar pada LMS tentang kepemimpinan murid, Suara Murid, Pilihan Murid, Kepemilikan Murid dan lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid serta melakukan analisis terhadap 7 contoh kasus yang diberikan pada LMS. Kegitan terakhir diminggu ini adalah melakukan kegiatan diskusi asinkron terhadap suatu program sekolah yang telah dilaksanakan, kemudian bersama-sama CGP lainnya dalam 1 kelompok melakukan analisis terhadap program/kegiatan tersebut.

Setelah mempelajari modul ini, saya lebih memahami bagaimana seharusnya guru menempatkan murid sebagai subjek dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler. Bagaimana suara dan pilihan murid yang akan menentukan kepemilikan murid akan suatu program kegiatan. Murid akan merasa ikut andil dan dibutuhkan serta dipercaya untuk bertanggung jawab atas keputusan yang diambilnya. Hal ini akan terwujud komunikasi dua arah, aktif, percaya diri, mandiri, kreatif, menghargai perbedaan, dan bergotong royong saling membahu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. Murid yang memiliki motivasi internal akan mampu mengarahkan murid mencari cara dalam mencapai tujuan belajar mereka sendiri.

Yang dapat saya lakukan untuk mendorong dan mempromosikan suara, pilihan, dan kepemilikian murid dalam upaya mewujudkan dan menumbuhkembangkan kepemimpinan murid diantaranya :
  • Mendampingi murid dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler, intrakurikuler maupun kokurikuler agar dapat pengembangan potensi kepemimpinan mereka sesuai dengan kodrat, konteks dan kebutuhannya.
  • Mendorong OSIS dan Kelompok Ekstrakurikuler untuk merancang dan melaksanakan kegiatan yang berdampak langsung terhadap kepemimpinan murid.
Hal konkret yang akan saya lakukan untuk mewujudkan 7 karakteristik lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid di sekolah diantaranya :
  • Mengurangi intervensi/kontrol saya sebagai guru terhadap murid sehingga murid dapat lebih kreatif dan mandiri dan mampu berkolaborasi sesama murid dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi.
  • Melibatkan murid dalam menata dan mengatur ruang belajar/laboratorium.
  • Menyediakan sumber-sumber belajar yang sesuai dengan karakteriatik murid.


Demikian Jurnal Refleksi Minggu Ke-23 ini saya buat, semoga bermanfaat.
Salam dan Bahagia

Comments

  1. mohon bantuannya pak, saya pengguan erapor sp, dari semester ganjil,sekarang saya ada kendala saat mau melakukan backup, selalu muter-muter aja, langkah yang sudah di lakukan adalah clear history, dan pc juga sudah di restart,tapi masih belum bisa melakukan backup

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Release Instaler dan Updater Aplikasi Rapor SP Versi 2023.F

Release Aplikasi Rapor SP - Rapor Kurikulum Merdeka Versi 2023

Panduan Lengkap Rapor SP Versi 2023

Patch Rapor SP untuk Sertifikat UKK

Aplikasi Gratis | Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan untuk SMA Pelaksana Kurikulum Merdeka