3.3.a.3. Mulai Dari Diri - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Setelah menyelesaikan modul 3.2, kali ini CGP telah memulai mempelajari Modul 3.3 Mulai Dari Diri - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid. Modul ini merupakan modul terakhir dalam Pendidikan Guru Penggerak.
Seperti biasa, mengawali kegiatan pembelajaran dengan Alur MERRDEKA pada modul 3.3 adalah Mulai dari Diri.
Dalam kegiatan ini, diharapkan CGP dapat melakukan refleksi dari pengalamannya saat dirinya terlibat dalam program atau kegiatan sekolah mereka dahulu dan dapat mengungkapkan harapannya dari modul ini.

Bapak dan Ibu calon guru penggerak,
Selamat datang di sesi pembelajaran 1, Mulai Dari Diri. Sebelum Bapak/Ibu memulai tahapan pembelajaran 1 ini, kami ingin menyampaikan terlebih dahulu bahwa di sepanjang tahapan pembelajaran dalam modul ini, Bapak/Ibu akan selalu diberikan pertanyaan pemantik di awal setiap tahapan pembelajaran. Pertanyaan-pertanyaan pemantik ini tidak perlu dijawab. Tujuan dari pertanyaan-pertanyaan pemantik tersebut lebih kepada memancing pemikiran dan rasa ingin tahu Bapak/Ibu terhadap materi yang akan dipelajari dan menjadi bagian upaya kami untuk mendorong Bapak/Ibu untuk menggali lebih dalam konsep-konsep yang disampaikan dalam modul ini.
Sekarang, mari kita mulai sesi pembelajaran 1 ini.
Saat Bapak/Ibu bersekolah dulu, Bapak/Ibu tentu pernah mengikuti berbagai program/kegiatan di sekolah. Program/kegiatan itu dapat berupa program/kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler.
Program/kegiatan intrakurikuler merupakan merupakan program/kegiatan utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur program sekolah. Program/Kegiatan ini dilakukan oleh guru dan murid dalam jam pelajaran setiap hari dan ditujukan untuk mencapai tujuan minimal dari setiap mata pelajaran dalam kurikulum. Sementara itu, program/kegiatan kokurikuler merupakan program/kegiatan yang dilaksanakan sebagai penguatan atau pendalaman kegiatan intrakurikuler. Program/kegiatan ini meliputi kegiatan pengayaan mata pelajaran, kegiatan ilmiah, pembimbingan seni dan budaya, dan/atau bentuk kegiatan lain yang dapat menguatkan karakter murid. Sedangkan program/kegiatan ekstrakurikuler adalah program/kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah, dan diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid.
Nah, sekarang kami ingin Bapak/Ibu mengingat kembali dan melakukan refleksi terhadap pengalaman bapak/Ibu saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi murid tersebut. Refleksi dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan.

Tanggapan ini bersifat urun pengalaman dari seluruh peserta, sehingga di sesi ini Anda tidak akan dinilai.

Apa kegiatan/programnya?

Kegiatan kokurikuler yang pernah dilaksanakan oleh sekolah adalah kegiatan pengayaan mata pelajaran yang ikut dilombakan dalam olimpiade yaitu Pengayaan bidang Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia.
Kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh sekolah saat itu diantaranya Pramuka, PMR, Karya Ilmiah Remaja, Sepak bola, Bola Voli, Basket, Catur, Atletik, Bulu tangkis, Seni Tari, Seni Tabuh, Melukis, Sastra indonesia, Sastra Inggris, Utsawa Darmagita, Pencinta Lingkungan/Pertamanan.

Berperan sebagai apa Bapak/Ibu saat itu?

Pada saat itu saya berperan sebagai peserta pengayaan mata pelajaran dan peserta ekstrakurikuler.
Pengayaan yang saya ikuti adalah bidang matematika, fisika dan kimia. Sedangkan Ekstrakurikuler yang saya ikuti adalah Pramuka dan Pencinta Alam.

Bagaimana perasaan Bapak/Ibu saat itu?

Perasaan saya mengikuti kegiatan tersebut tentunya sangat senang dan gembira. Dengan mengikuti kegiatan kokurikuler pengayaan mata pelajaran, saya mendapatkan kesempatan menjadi peserta olimpiade baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat provinsi dalam bidang lomba Matematika, Kimia dan fisika.
Selain Kegiatan kokurikuler saya juga terlibat aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka, saya merasa sangat senang mengikuti kegiatan pramuka karena melalui ekstra ini memberikan banyak sekali pengalaman berharga dalam pengembangan potensi diri. Saya juga merasa bangga karena pernah mewakili sekolah dalam berbagai kegiatan kepramukaan baik di tingkat kabupaten maupun provinsi.

Mengapa pengalaman tersebut berkesan untuk Bapak/Ibu?

Pengalaman tersebut berkesan bagi saya karena sangat memberikan manfaat bagi saya.
Melalui kegiatan kokurikuler yang saya ikuti, saya dapat mengembangkan potensi untuk mendalami materi-materi bukan hanya sebatas tuntutan kurikulum namun lebih dari itu untuk dipersiapkan dalam kegiatan olimpiade. Hal ini tentunya dapat memberikan kesempatan bagi saya untuk belajar lebih awal sehingga capaian saya di kelas saat itu selalu lebih cepat dan lebih baik. Hal yang paling berkesan bagi saya adalah, dengan mengikuti pendalaman materi olimpiade dan diberikan kesempatan sebagai peserta olimpiade fisika, saya akhirnya dapat bertemu secara langsung dengan idola saya yaitu tokoh olimpiade fisika indonesia (bapak Yohanes Surya) yang mengawasi saya langsung dalam kegiatan olimpiade fisika provinsi.
Dalam kegiatan ekstrakurikuler, hal yang paling berkesan bagi saya adalah dilibatkan dalam berbagai kegiatan kepramukaan serta mendapat kesempatan untuk mewakili sekolah dalam kegiatan kepramukaan tingkat provinsi yang tentunya memberikan kesan dan kebanggaan tersendiri karena melalui kegiatan tersebut saya banyak mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman yang berharga yang tentunya tidak semua orang mendapatkannya.

Apa pembelajaran yang bapak/ibu ambil dari kegiatan/ program tersebut?

Pembelajaran yang saya ambil adalah Sangat penting bagi sekolah untuk menyelenggarakan kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler sebagai wadah untuk mengembangkan minat dan bakat siswa. Pengembangan minat dan bakat siswa melalui kegiatan yang sesuai dapat memberikan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang berharga untuk bekal kehidupan kelak.


Demikian tanggapan yang saya buat dalam kegiatan mulai dari diri modul 3.2, semoga bermanfaat.
Salam dan Bahagia.

Comments

Popular posts from this blog

Release Instaler dan Updater Aplikasi Rapor SP Versi 2023.F

Release Aplikasi Rapor SP - Rapor Kurikulum Merdeka Versi 2023

Panduan Lengkap Rapor SP Versi 2023

Patch Rapor SP untuk Sertifikat UKK

Aplikasi Gratis | Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan untuk SMA Pelaksana Kurikulum Merdeka