3.2.a.6. Refleksi Terbimbing - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Tahap ke-4 dari alur MERRDEKA dalam mempelajari modul 3.2 adalah Refleksi Terbimbing.
Dalam sesi ini, CGP diminta mengidentifikasi cara pandang yang sebelumnya melihat dari sisi masalah dan kekurangan sekolah dari semua sumber daya yang ada dengan memandang dari sisi aset dan kekuatan yang dimiliki oleh sekolah, kemudian CGP mampu mengambil makna dari pengalaman belajar dan dapat melakukan refleksi yang dipandu oleh fasilitator.
Dalam menyusun refleksi ini, CGP menjawab pertanyaan yang telah disediakan pada LMS.
Berikut ini adalah hasil refleksi yang saya buat terkait modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya.


Apa yang menarik dari proses dan hasil pemetaan tentang sumber daya di daerah untuk sekolah Anda?

Yang menarik dari proses dan hasil pemetaan tentang sumber daya di daerah untuk sekolah saya adalah : bahwa sekolah saya berada dilingkungan kota yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap dengan jangkauan yang tidak terlalu jauh yang sebenarnya dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung pengembangan sekolah yang lebih baik.
Setelah melakukan pemetaan aset di lingkungan sekolah saya semakin tersadarkan bahwa sebenarnya banyak sekali aset-aset yang ada di lingkungan sekolah yang selama ini belum termanfaatkan secara optimal. Berbagai aset daerah yang ada yang dapat dikelompokkan kedalam 7 aset seharusnya dapat dijadikan kekuatan dan dapat dimanfaatkan untuk menunjang pendidikan di sekolah ke arah yang lebih baik.

Apakah pola pikir yang Anda pikirkan sebelum mempelajari modul ini? Apakah menggunakan pendekatan aset atau masalah?

Sebelum mempelajari modul ini, tanpa disadari saya lebih banyak menggunakan pendekatan aset dengan memandang kukuatan/kelebihan yang dimiliki oleh sekolah untuk mengoptimalkan proses dan hasil belajar walaupun belum sepenuhnya dapat memanfaatkan berbagai sumber kekuatan yang dimiliki sekolah secara optimal. Walaupun demikian tidak jarang juga saya menggunakan pendekatan berbasis masalah sehingga pada saat itu saya cenderung fokus pada penyelesaian masalah yang dihadapi tanpa memandang kekuatan yang dimiliki siswa maupun sekolah, keadaan ini sering juga menimbulkan permasalahan baru saat saya mencoba menyelesaikan masalah tersebut (dengan kata lain pendekatan berbasis masalah sering menimbulkan masalah baru diatas permasalahan yang ada).

Jika ada perubahan? Sebutkan apa perbedaannya dan mengapa itu berubah?

Setelah mempelajari modul ini, perubahan yang terjadi pada diri saya adalah perubahan pola pikir, dimana awalnya sering menggunakan pola pikir berbasis masalah yang seharusnya dapat saya tinggalkan dalam pengelolaan pendidikan ke arah yang lebih baik. Menggunakan pola pikir berbasis kekurangan/masalah sebenarnya membuat kita akan fokus mencari bantuan/solusi untuk menutupi kekurangan tersebut dan bahkan sering menimbulkan permasalahan baru yang tidak akan pernah selesai. Menggunakan pola pikir pendekatan berbasis aset dapat membuat kita lebih fokus pada aset dan kekuatan yang dimiliki sekolah dan lingkungan sekitarnya untuk dapat dimanfaatkan dan diorganisir dengan baik untuk mendukung pengembangan sekolah ke arah yang lebih baik.
Apa yang perlu Anda lakukan jika Anda dapat terus berpikir dengan pendekatan berbasis aset?
Yang perlu saya lakukan agar dapat terus berpikir dengan pendekatan berbasis aset adalah mencoba mengenali dan menganalisis berbagai aset yang dimiliki oleh sekolah dan lingkungannya serta mengenali kebermanfaatan aset tersebut untuk pengembangan sekolah. Ketika merencanakan suatu program maka saya akan membuat perencanaan tersebut dengan fokus pada aset dan kekuatan yang dimiliki, Memetakan dan mengorganisasikan sumber daya (aset/kekuatan) yang dimiliki untuk menunjang program yang dibuat, membuat rencana aksi dan melaksanakannya dengan sungguh-sungguh. Selain itu komitmen diri untuk melakukan perubahan positif, menjalin komunikasi dengan semua pihak, membangun kolaborasi sangat diperlukan untuk dapat melaksanakan sepenuhnya pendekatan berbasis aset.

Buatlah satu gambar/simbol/kata yang bisa menggambarkan apa yang Anda rasakan saat ini terkait pembelajaran lalu diunggah ke dalam platform ini. (insert picture atau tautan)




Demikian Hasil Refleksi Terbimbing Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya, yang telah saya buat, semoga bermanfaat.
Salam dan Bahagia.









Comments

Popular posts from this blog

Release Instaler dan Updater Aplikasi Rapor SP Versi 2023.F

Release Aplikasi Rapor SP - Rapor Kurikulum Merdeka Versi 2023

Panduan Lengkap Rapor SP Versi 2023

Patch Rapor SP untuk Sertifikat UKK

Aplikasi Gratis | Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan untuk SMA Pelaksana Kurikulum Merdeka