3.2.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Dalam kegiatan ini, CGP diharapkan dapat :
  • memahami potensi sumber daya yang dimiliki lingkungan sekolahnya, 
  • mengevaluasi hasil pemetaan potensi sumber daya sekolahnya yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran murid.
  • memahami cara berpikir dengan pendekatan asset-based thinking
  • menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini untuk melihat sejauh mana pengetahuan peserta tentang materi kali ini.
Berikut ini adalah pertanyaan dan jawaban yang saya berikan terkait pengetahuan yang telah dimiliki oleh CGP dalam ekplorasi konsep.

Apakah kita bisa menggunakan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset untuk mengelola sumber daya sekolah kita? Bisakah kita mengganti kata komunitas menjadi sekolah, Pendekatan Pengembangan Sekolah Berbasis Aset? Mengapa?

Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (PKBA) sebuah kerangka kerja yang menekankan dan mendorong komunitas untuk dapat memberdayakan aset yang dimilikinya serta membangun keterkaitan dari aset-aset tersebut agar menjadi lebih berdaya guna. Dengan demikian PKBA merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mengelola sumber daya yang ada di sekolah.
Kita bisa mengganti kata komunitas menjadi sekolah sehingga menjadi Pendekatan Pengembangan Sekolah Berbasis Aset. Hal ini dimungkinkan karena sekolah juga merupakan sebuah komunitas. Komunitas itu sendiri dapat diartikan sebagai kelompok sosial masyarakat yang terdiri dari beberapa individu yang saling berinteraksi di dalam daerah tertentu dan biasanya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Seperti halnya sekolah, di dalamnya terdapat suatu kelompok sosial masyarakat yang memiliki tujuan yang sama dalam mencapai visi dan misi sekolah. Pendekatan PSBA menekankan kepada kemandirian dari sebuah sekolah untuk dapat menyelesaikan tantangan yang dihadapinya dengan bermodalkan kekuatan dan potensi yang ada di dalam diri mereka sendiri, dengan demikian hasil yang diharapkan akan lebih berkelanjutan.

Apa contoh pengelolaan sumber daya sekolah kita dengan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset?

Sebagai sebuah komunitas, sekolah wajib membangun ekosistem yang dapat merangsang kreativitas seluruh warga sekolah untuk menunjang keberhasilan tujuan pendidikan, dalam hal ini, semua komponen ekosistem sekolah sebagai aset sekolah harus bisa dimanfaatkan secara optimal dengan lebih berfokus pada pengembangan kekuatan aset yang dimiliki.
Contoh pengelolaan sumber daya sekolah dengan pendekatan PKBA adalah : Sekolah yang telah memiliki sarana-prasana seperti jaringan internet, fasilitas ruang kelas, laboratorium, lapangan, tempat ibadah yang luas dan lingkungan sekolah yang asri dan nyaman dapat dimanfaatkan secara optimal dan dijadikan sumber belajar dan sarana pendukung dalam mengelola pembelajaran kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan belajar siswa. Ketersediaan tenaga pendidik yang kreatif, inovatif dan semangat belajar yang tinggi serta sebagaian besar telah menempuh pendidikan S2 dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mengelola segala aset yang dimiliki sekolah untuk menciptakan inovasi-inovasi pembelajaran sesuai bidangnya dalam upaya mengoptimalkan proses dan hasil belajar siswa.

Bagaimanakah selama ini kita mengelola sumber daya? Apakah sudah menggunakan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset?

Selama ini, Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset secara umum sudah digunakan walaupun masih belum optimal dan menyeluruh. Dalam pemanfaatan aset masih ada beberapa aset utama yang belum dilibatkan secara penuh dalam mengelola pendidikan di sekolah, misalnya belum sepenuhnya dapat memanfaatkan masyarakat di sekitar sekolah dalam mendukung dan mengoptimalkan proses pembelajaran di sekolah maupun dalam mengembangkan potensi murid. Selain itu masih sering sekolah melihat kelemahan murid, masalah yang dihadapi murid dan bersama-sama mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi tersebut.

Jika belum, bagaimana caranya kita mengelola dengan Pendekatan Pengembangan Sekolah Berbasis Aset?

Untuk mengelola aset dengan pendekatan Pengembangan Sekolah Berbasis Aset kita harus memahami bahwa pendekatan tersebut harus ditunjang dengam pemenuhan tujuh aset utama dalam lingkungan sekolah. Ketujuh aset ersebut diantaranya modal manusia, modal sosial, modal fisik, modal lingkungan/alam, modal finansial/keuangan, modal politik, dan modal agama/budaya. Setiap modal yang dimiliki harus saling menunjang satu sama lain agar pendekatan yang dilakukan dapat berdaya guna dan berdaya hasil.
Cara yang dapat dilakukan:
  1. Fokus pada kekuatan aset yang dimiliki
  2. menekankan dan mendorong komunitas untuk memberdayakan aset yang tersedia
  3. menekankan kemandirian untuk menyelesaiaakn tantangan dengan bermodalkan potensi dan kekuatan yang adadalam diri komunitas sekolah tersebut.
  4. merancang sebuah rencana berdasarkan visi da kekuatan
  5. Melaksanakan aksi sesuai rencana yang telah diprogramkan.


Demikian jawaban yang saya buat dalam kegiatan Eksplorasi Konsep modul 3.2, semoga bermanfaat.
Salam dan Bahagia.


Comments

Popular posts from this blog

Release Instaler dan Updater Aplikasi Rapor SP Versi 2023.F

Release Aplikasi Rapor SP - Rapor Kurikulum Merdeka Versi 2023

Panduan Lengkap Rapor SP Versi 2023

Patch Rapor SP untuk Sertifikat UKK

Aplikasi Gratis | Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan untuk SMA Pelaksana Kurikulum Merdeka