3.1.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 18

Pada Kesempatan ini, saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Minggu ke-18 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4 dalam 1 minggu pembelajaran yang telah dilakukan. Adapun model yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah model refleksi DEAL (Description, Examination, dan Articulation of Learning). Model ini dikembangkan oleh Ash dan Clayton (2009). 
Berikut ini adalah hasil jurnal refleksi minggu ke-18 yang saya buat.

Descriptions

Kegiatan pembelajaran yang telah saya lakukan di minggu ini adalah melanjutkan mempelajari modul 3.1 tentang pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran. Tahapan belajar yang diikuti meliputi kegiatan ekplorasi konsep dan ruang kolaborasi.
  • Senin, 11 April 2022 saya melakukan elaborasi konsep tentang pengambilan keputusan yaitu tentang 4 paradigma, 3 prinsip dan 9 langkah pengambilan keputusan. Dalam kegiatan ini juga saya melakukan wawancara dengan rekan sejawat terhadap salah satu kasus yang diberikan pada LMS kemudian menganalisisnya dengan menjawab petranyaan yang disediakan pada LMS
  • Selasa, 12 April 2022 diskusi dilanjutkan di ruang diskusi asinkron dimana kami menjawab pertanyaan yang sudah tersedia dalam LMS kemudian diskusi dilanjutkan dengan memberi tanggapan dan timbal balik terhadap studi kasus yang sudah kami lakukan.
  • Rabu, 13 April 2022 adalah sesi riuang kolaborasi dimana saya bersama anggota kelompok berkolaborasi dan menerapkan keterampilan pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan.
  • Kamis, 14 April 2022 kami mempresentasikan hasil hasil mempresentasikan hasil penerapan keterampilan pengambilan keputusan dan pengujian keputusan terhadap suatu kasus nyata yang telah kami buat. Dalam kegiatan ini, saya juga mendapat masukan dan dapat memberi tanggapan terhadap hasil kerja kelompok masing-masing.

Examination

Semua aktifitas pembelajaran pada minggu ini dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan di dalam setiap sesinya. Saya tidak mengalami kesulitan dalam pembelajaran dan dapat mengikuti semua tahapan sesuai jadwal sebagaimana telah direncanakan dan tersusun pada LMS.

Hari/TanggalRencana KegiatanPelaksanaan
Senin, 11 April 2022Eksplorasi Konsep Modul 3.1.a.4.1. dan 3.1.a.4.2Terlaksana sesuai jadwal
Selasa, 12 April 2022Forum Diskusi Modul 3.1.a.4.3 Terlaksana sesuai jadwal
Rabu, 13 April 2022Modul 3.1.a.5.1. Kerja KelompokTerlaksana sesuai jadwal
Kamis, 14 April 2022Modul 3.1.a.5.2. PresentasiTerlaksana sesuai jadwal

Articulation of Learning

Dalam kegiatan minggu ini, saya telah mempelajari terkait penerapan 4 paradigma, 3 prinsip dan 9 langkah pengambilan keputusan dan pengujian sebagai pemimpin pembelajaran. Langkah saya ke depan adalah menerapkan ilmu yang saya dapatkan dalam pengambilan keputusan sehingga dapat memberi kebahagiaan bagi banyak pihak. Ketika menghadapi suatu dilema, mencoba terlebih dahulu mengkaji permasalahan yang dihadapi dengan mengelola emosi diri dan menerapkan 4 paradigma, 3 prinsip dan 9 langkah pengambilan keputusan dan pengujian sehingga keputusan yang diambil tidak bertentangan secara hukum dan dapat memberikan kebahagiaan pada banyak pihak.


Demikian Jurnal Refleksi Minggu Ke-18 dalam pembelajaran modul 3.1 yang saya buat. Semoga bermanfaat.

Salam dan Bahagia.

Comments

Popular posts from this blog

Release Instaler dan Updater Aplikasi Rapor SP Versi 2023.F

Release Aplikasi Rapor SP - Rapor Kurikulum Merdeka Versi 2023

Panduan Lengkap Rapor SP Versi 2023

Patch Rapor SP untuk Sertifikat UKK

Aplikasi Gratis | Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan untuk SMA Pelaksana Kurikulum Merdeka