3.1.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 17

Pada Kesempatan ini, saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Minggu ke-17 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4. Adapun model yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future).

Berikut ini adalah hasil jurnal refleksi minggu ke-17 yang saya buat.

1. Facts

Pembelajaran yang telah saya lakukan untuk minggu ini adalah :
  • Pada hari Senin, 4 April 2022 saya membuat koneksi antar materi berisi tentang coaching dimana dikaitkan dengan penanaman budaya positif, Juga penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan PSE.
  • Pada Hari Selasa, 5 April 2022 saya merancang aksi nyata untuk coaching dengan rekan,
  • Hari Rabu, 6 April 2022 saya melakukan postes untuk Modul 2.
  • Hari Kamis, 7 April 2022 saya melakukan Pretes modul 3 Tentang pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran.
  • Hari jumat, 8 April 2022 saya memulai eksplorasi konsep dengan menganaliss kasus dalam pengambilan keputusan. selain melakukan kegiatan ekplorasi konsep, pada hari tersebut saya juga melakukan kegiatan aksi nyata penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan PSE di kelas, serta mengikuti kegiatan pendampingan dari pengajar praktik.

2. Feelings

Pembelajaran Sosial dan Emosional maupun pengambilan keputusan, merupakan pengetahuan yang sangat menarik dan aplikatif. Saya merasa makin antusias dan tertarik untuk mempelajarinya secara lebih mendalam. Kasus-kasus yang disajikan dalam pembelajaran kali ini membuat saya makin bersemangat untuk mendalaminya lebih jauh, karena sebagian kasusnya sangat mirip dengan kasus-kasus yang saya alami selama jadi guru. Dalam mengawali kegiatan modul 3, saya sangat antusias melakukan pembelajaran modul 3 karena saya yakin akan mendapatkan hal baru.

3. Findings

Proses pembelajaran selama seminggu ini memberikan banyak pengetahuan dan keterampilan dimana saya dapat menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dan sosial emosional juga penerapan teknik coaching dalam penyelesaian masalah murid/rekan sejawat maupun masalah saya sendiri. Kemudian untuk awal modul 3 saya telah mendapat beberapa pengetahuan dasar tentang pengambilan keputusan dalam berbagai kasus nyata di lingkungan sekolah.

4. Future

Pengalaman yang akan saya terapkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas akan berorientasi kepada murid dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial emosional dan penerapan coaching. Begitupun harapan saya ketika memulai mempelajari Modul 3.1 melalui Mulai Dari Diri dan Eksplorasi Konsep. Saya akan coba mengaplikasikan langkah pengambilan dan pengujian keputusan terhadap setiap kasus yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang pendidik. Ini merupakan salah satu upaya yang bisa saya ambil untuk menciptakan kondisi kondusif dan ideal sebagai manfaat pengambilan keputusan yang tepat. Pengambilan keputusan yang benar-benar tepat dapat diperoleh dari melibatkan secara aktif seluruh warga sekolah yang nantinya akan mampu mengakomodir seluruh kepentingan, harapan dan keinginan semua pihak.


Demikian Jurnal Refleksi Minggu Ke-17 dalam pembelajaran modul 2.3 dan pembelajaran modul 3.1 yang saya buat. Semoga bermanfaat.

Salam dan Bahagia.




Comments

Popular posts from this blog

Release Instaler dan Updater Aplikasi Rapor SP Versi 2023.F

Release Aplikasi Rapor SP - Rapor Kurikulum Merdeka Versi 2023

Panduan Lengkap Rapor SP Versi 2023

Patch Rapor SP untuk Sertifikat UKK

Aplikasi Gratis | Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan untuk SMA Pelaksana Kurikulum Merdeka