2.3.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 15

Pada Kesempatan ini, saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Minggu ke-15 Pendidikan Calon GuruPenggerak Angkatan 4. Adapun model yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah Model 4: Papan cerita reflektif (Reflective Storyboard).
Berikut ini adalah hasil jurnal refleksi minggu ke-15 yang saya susun.


Ekplorasi Konsep 2.3.a.4.1
Senin, 21 Maret 2022, Saya melakukan eksplorasi konsep secara mandiri tentang Konsep Coaching Dalam Konteks Pendidikan, dan menjawab beberapa pertanyaan reflektif terkait konsep yang dipelajari

Ekplorasi Konsep 2.3.a.4.2 dan 2.3.4.3
Selasa, 22 Maret 2022, Saya melakukan eksplorasi konsep secara mandiri tentang Komunikasi Yang Memberdayakan dan TIRTA Sebagai Model Coaching, dan menjawab beberapa pertanyaan reflektif terkait konsep yang dipelajari

Ekplorasi Konsep - Forum Diskusi
Rabu, 23 Maret 2022, Saya menyimak contoh video choaching model TIRTA, kemudian menjawab pertanyaan terkait video tersebut. Saya dan CGP lainnya juga melakukan diskusi dan saling memberikan tanggapan terhadap jawaban masing-masing.

Ruang Kolaborasi
Kamis-Jumat, 24-25 Maret 2022, saya bersama CGP lainnya diajak untuk melatih kemampuan coaching secara virtual. Dalam praktek coaching ini, saya bersama kelompok 3 menyelesaikan kasus 3 dan berganti peran sebagai coach, coachee dan pengamat.

Perubahan Cara Berpikir
Setelah mempelajari modul ini, pikiran saya menjadi lebih terbuka dan makin termotivasi untuk melatih diri dalam berkomunikasi dan coaching. Komunikasi Asertif sangat penting untuk dapat dikuasai agar dapat melaksanakan coaching dengan baik. Selain itu, saya juga yakin bahwa coaching model TIRTA akan dapat membantu peserta didik mengetahui potensinya, menentukan rencana solusi dan mengambil tangung jawab.

Langkah ke Depan
Terus belajar dan berlatih, berkolaborasi dan berdiskusi dengan rekan guru, menerapkan komunikasi asertif serta mencoba menggunakan model TIRTA dalam melaksanakan Coaching baik terhadap rekan sejawat maupun dengan siswa.

Demikian Jurnal Refleksi Minggu Ke-15 yang saya susun. Semoga Bermanfaat.

Salam dan Bahagia.


Comments

Popular posts from this blog

Release Instaler dan Updater Aplikasi Rapor SP Versi 2023.F

Release Aplikasi Rapor SP - Rapor Kurikulum Merdeka Versi 2023

Panduan Lengkap Rapor SP Versi 2023

Patch Rapor SP untuk Sertifikat UKK

Aplikasi Gratis | Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan untuk SMA Pelaksana Kurikulum Merdeka