2.2.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 12

Pada Kesempatan ini, saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Minggu ke-12 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4. Adapun model yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future).

1. Facts

Pada minggu ini, pembelajaran berlangsung efektif selama 3 hari efektif karena pada minggu ini bertepatan dengan Isra Miraj (Senin , 28 Februari 2022) dan Hari Suci Nyepi (Kamis, 3 Maret 2022).
Selasa, 1 Maret 2022 diawali dengan kegiatan eksplorasi konsep Pembelajaran Sosial dan Emosional. Dalam kegiatan ini saya mempelajari konsep Pembelajaran Sosial dan Emosional, Kesadaran Penuh (Mindfulness), cara kerja otak, teknik STOP, PSE berbasis Kesadaran Penuh (Mindfulness) dalam mewujudkan Kesejahteraan Hidup (Well-Being), serta membaca bahan bacaan tentang penerapan pembelajaran sosial dan emosional (kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab).
Rabu, 2 Maret 2022 dan Jumat, 4 Maret 2022, Saya mengikuti sesi diskusi asinkron Bersama CGP lainnya, sebelum diskusi, saya membedah lima kasus yang disajikan dalam LMS, mencoba melakukan analisis dan memberikan kemungkinan-kemungkinan jawaban reflektif sesuai pemahaman yang diperoleh selama melakukan ekplorasi konsep. Dalam kegiatan diskusi di forum diskusi saya mendapat masukan dan penguatan, serta memberikan masukan dan apresiasi kepada rekan lain.

2. Feelings

Pembelajaran Sosial dan Emosional merupakan pengetahuan yang sangat menarik dan aplikatif. Saya merasa makin antusias dan tertarik untuk mempelajarinya secara lebih mendalam. Kasus-kasus yang disajikan dalam pembelajaran kali ini membuat saya makin bersemangat untuk mendalaminya lebih jauh, karena sebagian kasusnya sangat mirip dengan kasus-kasus yang saya alami selama jadi guru. Setelah mempelajari materi ini, saya merasa sangat perlu mengelola diri dengan lebih baik, meningkatkan kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan belajar mengambil keputusan dengan bertangungjawab.

3. Findings

Proses pembelajaran selama seminggu ini memberikan banyak pengetahuan mengenai kesadaran penuh, mengelola emosi, mengelola diri, empati, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggungjawab. Kompetensi Sosial dan Emosional ini sangat penting dalam menjalankan peran sebagai guru. Sebagai seorang guru pastinya akan sangat sering dihadapkan dengan permasalahan baik dengan siswa, rekan kerja, lingkungan masyarakat maupun keluarga yang menimbulkan ketidakstabilan emosi, dalam situasi tersebut penting bagi guru untuk mampu mengelola diri dengan lebih baik, meningkatkan kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan belajar mengambil keputusan dengan bertangungjawab. Saya menyadari bahwa selama ini saya belum mampu sepenuhnya menggunakan kesadaran penuh dalam melaksanakan kegiatan maupun menghadapi masalah bahkan saya seringkali terlalu reaktif terhadap suatu situasi. Pembelajaran minggu ini dapat memberikan pengalaman utamanya bagaimana pentingnya menerapkan teknik STOP secara konsisten untuk mencapai ketenangan sebelum melakukan suatu tindakan.

4. Future

Setelah belajar selama 1 minggu, saya telah memiliki cukup pengetahuan tentang pentingnya guru mengimplementasikan kompetensi sosial emosional, namun untuk dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan yang lebih mendalam, maka dalam kegiatan pembelajaran berikutnya saya harus lebih bersemangat dan antusias mempelajarinya secara mendalam. Saya masih perlu mendapatkan pengetahuan dan keterampilan lebih mendalam tentang implementasi pembelajaran sosial emosional baik melalui kegiatan diskusi, mengamati praktik baik rekan guru, maupun dari penjelasan-penjelasan oleh fasilitator dan instruktur. Dengan mempelajari lebih dalam tentang Kompetensi Sosial dan Emosional dan praktiknya di kelas, saya akan lebih siap menghadapi berbagai situasi yang perlu respons yang tepat, dapat mengontrol diri secara matang, dapat menjalin hubungan baik dengan siswa, rekan guru, dan kepala sekolah, dapat bekerja sama dalam menjalankan tugas secara kolaboratif, serta mampu mengambil keputusan yang bertanggung jawab.


Demikian Jurnal Refleksi Minggu Ke-12 dalam pembelajaran modul 2.2 yang saya buat. Semoga bermanfaat.

Salam dan Bahagia.

Comments

Popular posts from this blog

Release Instaler dan Updater Aplikasi Rapor SP Versi 2023.F

Release Aplikasi Rapor SP - Rapor Kurikulum Merdeka Versi 2023

Panduan Lengkap Rapor SP Versi 2023

Patch Rapor SP untuk Sertifikat UKK

Aplikasi Gratis | Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan untuk SMA Pelaksana Kurikulum Merdeka