2.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

Tahap ke-5 dari alur MERRDEKA dalam mempelajari modul 2.1 adalah Demonstrasi Kontekstual. Dalam kegiatan Demonstrasi Kontekstual kali ini, CGP ditantang dan diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk menjadi seorang pengambil risiko dalam mengimplementasikan pemahamannya tentang pembelajaran berdiferensiasi untuk dimanfaatkan dalam mengatasi permasalahannya dalam pembelajaran utamanya untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa, yang selanjutnya dituangkan dalam sebuah RPP berdiferensiasi.
Selain membuat Rencana pembelajaran berdiferensiasi, VGP juga diharapkan dapat mengevaluasi efektivitas RPP yang dibuat oleh sesama rekan CGP.

Berikut ini adalah gambaran awal kasus yang saya jadikan dasar dalam penyusunan RPP.



Saya mengajar di kelas XII MIPA1, XII MIPA2 dan XII MIPA 3 Jenjang SMA dengan jumlah siswa rata-rata 34 Orang.
Salah satu kompetensi dasar yang ingin diajarkan di akhir semester 2 ini adalah :
3.10 Menganalisis karakteristik inti atom, radioaktivitas, pemanfaatan, dampak, dan proteksinya dalam kehidupan sehari-hari
4.10 Menyajikan laporan tentang sumber radioaktif, radioaktivitas, pemanfaatan, dampak, dan proteksinya bagi kehidupan

Karena situasi pandemi, maka proses pembelajaran diharuskan secara Daring menggunakan salah satu flatform yang telah disiapkan sekolah yaitu LMS (https://smandapura.melajah.id)
Dalam proses pembelajaran sebelumnya, saya menemukan bahwa siswa-siswa di kelas tersebut memiliki tingkat kecepatan belajar yang beragam, serta memiliki gaya belajar yang tidak sama.
Untuk menyelesaikan kompetensi tersebut, sesuai dengan program semester yang saya buat, memerlukan waktu 4 kali pertemuan, tiap pertemuan 4 jam pelajaran (4 x 45 menit).
Berikut ini adalah salah satu RPP yang saya buat khusus untuk Pertemuan 1 (dari 4 kali pertemuan) untuk membahas kompetensi tentang Inti Atom dan Radioaktivitas. Pada Pertemuan 1 ini, guna memenuhi kebutuhan belajar siswa dalam pembelajaran, saya menggunakan strategi diferensiasi konten dan diferensiasi proses.

Berikut ini adalah RPP Berdiferensiasi yang saya buat atas dasar pemahaman yang saya miliki.

Demikian RPP berdiferensiasi yang saya buat sebagai salah satu tugas Demonstrasi Kontekstual Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi, semoga bermanfaat.
Salam dan Bahagia.

Comments

Popular posts from this blog

Release Instaler dan Updater Aplikasi Rapor SP Versi 2023.F

Release Aplikasi Rapor SP - Rapor Kurikulum Merdeka Versi 2023

Panduan Lengkap Rapor SP Versi 2023

Patch Rapor SP untuk Sertifikat UKK

Aplikasi Gratis | Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan untuk SMA Pelaksana Kurikulum Merdeka