2.1.a.5 Ruang Kolaborasi - Modul 2.1

Tahap ke-3 dari alur MERRDEKA dalam mempelajari modul 2.1 adalah Ruang Kolaborasi. 
Dalam kegiatan Ruang Kolaborasi kali ini, CGP diajak berdiskusi dalam kelompok kecil, 2-3 orang. Kegiatan diskusi hari pertama diawali dengan pemaparan dari Fasilitator kemudian dilanjutkan dengan diskusi dalam Kelompok Kecil pada Break Out Room Meeting. Dalam BOR ini CGP diminta mengamati sebuah kasus nyata yang dihadapi guru sebelum pembelajaran, kemudian menyusun sebuah RPP untuk mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik.

Berikut ini adalah contoh kasus nyata yang dihadapi di kelas XII MIPA dalam mata pelajaran Fisika dan dibahas dalam kelompok kecil.


Ida Ayu Nyoman Adi mengajar di kelas XII MIPA SMA dengan jumlah siswa 36 Orang.
Salah satu kompetensi dasar yang ingin diajarkan adalah :
3.1  Menganalisis prinsip kerja peralatan listrik searah (DC) dalam kehidupan sehari-hari
4.1  Mempresentasikan hasil percobaan tentang prinsip kerja rangkaian listrik searah (DC)

Karena situasi pandemi, maka proses pembelajaran diharuskan secara Daring menggunakan salah satu flatform yang telah disiapkan sekolah yaitu LMS (https://smandapura.melajah.id) Dalam proses pembelajaran sebelumnya, Ida Ayu Nyoman Adi menemukan bahwa Siswa-siswa di kelas tersebut memiliki tingkat kecepatan belajar yang beragam, serta memiliki gaya belajar yang tidak sama. 60% Siswa dominan memiliki gaya belajar Auditori, 35% Siswa dominan memiliki gaya belajar Visual dan 5% dominan memiliki gaya belajar kinestetik. Untuk siswa yang kinestetik memiliki kecenderungan gaya belajar kedua yaitu Auditori.

Dalam membahas kasus tersebut, saya tergabung dalam kelompok 2 bersama I Gusti Ayu Mahariyani dan I Wayan Adi Upadana. Melalui diskusi kelompok kecil ini, CGP diharapkan dapat membuat sebuah RPP yang mampu mengakomodasi pengetahuan awal dan profil belajar peserta didik yang beragam, serta menentukan pendekatan yang akan dilakukan untuk mendiferensiasi pembelajaran serta menentukan strategi diferensiasi yang akan diterapkan dalam pembelajaran sehingga peserta didik bersemangat dan memiliki keterlibatan penuh dalam pembelajaran.
Pada Hari kedua hasil diskusi kelompok kecil dan RPP yang telah dibuat dipresentasikan dan diberikan umpan balik oleh kelompok lainnya dan Fasilitator.

Berikut ini adalah hasil RPP Berdiferensiasi yang dibuat berdasarkan kasus diatas.

 

Demikian Ruang kolaborasi Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi dan hasil RPP Berdiferensiasi yang telah kami buat, semoga bermanfaat.
Salam dan Bahagia.

Comments

Popular posts from this blog

3.1.a.3. Mulai dari Diri-Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

Release Instaler dan Updater Aplikasi Rapor SP Versi 2023.F

Release Aplikasi Rapor SP - Rapor Kurikulum Merdeka Versi 2023

Panduan Lengkap Rapor SP Versi 2023

Aplikasi Gratis | Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan untuk SMA Pelaksana Kurikulum Merdeka