2.1.a.3. Mulai dari Diri - Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

Mengawali kegiatan pembelajaran pada pendidikan Guru Penggerak dengan Alur MERRDEKA pada modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi adalah Mulai dari Diri.
Dalam kegiatan ini CGP diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait Pembelajaran Berdiferensiasi yang tersedia di platform pembelajaran Daring yang disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Berikut ini adalah pertanyaan reflektif terkait Pembelajaran Berdiferensiasi serta jawaban yang saya berikan sebagai pengetahuan awal sebelum mempelajari materi lebih lanjut ke tahapan berikutnya.

Pertanyaan 1 :
Ceritakan pengalaman Anda yang paling berkesan pada saat Anda melakukan proses pembelajaran di dalam kelas dengan murid yang beragam!

Jawaban :
Pengalaman saya yang paling berkesan saat melakukan proses pembelajaran di dalam kelas dengan murid yang beragam adalah ketika saya saya memberikan materi pada suatu kelas secara daring lewat LMS nampak bahwa semua siswa mengakses materi namun waktu belajarnya sangat beragam, mulai dari 5 menit sampai 3 jam dalam mempelajari/mengerjakan materi yang sama dan hasil yang ditunjukan oleh hampir seluruh siswa adalah sama dalam artian ada yang benar-benar hasil kerja sendiri bahkan ada yang hanya menyalin pekerjaan temannya. Namun Ketika dilaksanakan proses PTM dari seluruh siswa, nampak meiliki kemampuan dan kecepatan belajar yang berbeda, ada yang sangat aktif bahkan ada yang sangat tidak aktif dalam pembelajaran, ada siswa yang belajar dengan kesiapan belajar yang sangat tinggi namun ada juga siswa yang sama sekali tidak ada persiapan belajar. Keadaan seperti ini memberikan gambaran dan keyakinan pada saya bahwa siswa secara individual memiliki keunikan dan memiliki motivasi belajar yang beragam sehingga perlu penanganan khusus dalam proses pembelajaran sehingga mampu memenuhi kebutuhan setiap siswa.

Pertanyaan 2 :
Apa yang telah Anda ketahui tentang pembelajaran berdiferensiasi?

Jawaban :
Yang saya ketahui tentang pembelajaran berdiferensiasi adalah suatu proses pembelajaran yang mampu memfasilitasi kebutuhan belajar setiap individu siswa. Dalam hal ini, seorang guru harus mampu mengetahui kebutuhan belajar setiap individu siswa sehingga mampu merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan setiap individu siswa dalam suatu kelas yang beragam.

Pertanyaan 3 :
Perhatikan Video Berikut ini :

Setelah menyaksikan video di atas, menurut Anda bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi? (terutama untuk memenuhi kebutuhan belajar murid).

Jawaban : 
Pembelajaran seharusnya di rancang sesuai dengan potensi yang dimiliki setiap murid serta mampu memfasilitasi minat dan bakat yang dimiliki setiap murid. Pembelajaran dilaksanakan dengan menyiapkan konten, proses dan produk sesuai dengan potensi murid. Evaluasi dilaksanakan dengan cara berfokus pada kemampuan peserta didik dengan tetap menitik beratkan pada perkembangan minat dan bakat. Menciptakan proses pembelajaran yang dapat mengembangkan bakat murid dengan memfasilitasi apa yang menjadi potensi murid.

Pertanyaan 4 :
Apa yang ingin Anda ketahui lebih lanjut tentang pembelajaran berdiferensiasi?

Jawaban :
Yang ingin saya ketahui lebih lanjut mengenai pembelajaran berdiferensiasi adalah bagaimana menemukan minat dan bakat murid, menyiapkan konten yang sesuai untuk mengembangankan minat dan bakat murid, membuat proses belajar yang menyenangkan yang dapat memfasilitasi potensi murid dan produk apa atau capaian apa yang ingin dipenuhi murid yang sesuai dengan potensi yang mereka miliki.


Demikian refreksi diri yang saya buat berdasarkan hasil pemikiran saya, semoga bermanfaat.
Salam dan Bahagia.

Comments

Popular posts from this blog

Release Instaler dan Updater Aplikasi Rapor SP Versi 2023.F

Release Aplikasi Rapor SP - Rapor Kurikulum Merdeka Versi 2023

Panduan Lengkap Rapor SP Versi 2023

Patch Rapor SP untuk Sertifikat UKK

Aplikasi Gratis | Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan untuk SMA Pelaksana Kurikulum Merdeka