2.1.a.10.3. Jurnal Refleksi - Minggu 11

Perjalanan Pendidikan Guru Pengerak Angkatan 4 sudah mencapai minggu ke-11. Pembelajaran di minggu ini sudah berada pada tahap akhir modul 2.1 dan memulai modul 2.2. Banyak pengalaman belajar yang sudah diperoleh, namun banyak juga yang masih perlu saya pelajari.
Pada Kesempatan ini, saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Minggu ke-11 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4 dalam 1 minggu pembelajaran yang telah dilakukan. Adapun model yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah model refleksi DEAL (Description, Examination, dan Articulation of Learning). Model ini dikembangkan oleh Ash dan Clayton (2009). 
  • Description: Deskripsikan pengalaman yang dialami dengan menceritakan unsur 5W1H (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, bagaimana); 
  • Examination: Analisis pengalaman tersebut dengan membandingkannya terhadap tujuan/rencana yang telah dibuat sebelumnya; 
  • Articulation of Learning: Jelaskan hal yang dipelajari dan rencana untuk perbaikan di masa mendatang. 


Descriptions

Mengawali minggu kesebelas ini , CGP mengikuti kegiatan Elaborasi Pemahaman bersama instruktur tentang Pembelajaran Berdiferensiasi. Melalui kegiatan elaborasi ini, CGP diberikan kesempatan untuk tatap muka maya bersama instruktur serta berdiskusi secara mendalam terkait pembelajaran berdiferensiasi. Setelah mendalami materi Pembelajaran Berdiferensiasi, CGP selanjutnya melakukan kegiatan Koneksi antar materi dan aksi nyata. Dalam Koneksi antar materi, CGP memperoleh kesempatan melakukan sintesis antar materi secara mandiri untuk menemukan keterkaitan dari materi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan materi yang telah dipelajari sebelumnya. Dalam kegiatan aksi nyata, CGP diminta untuk membuat rencana, mengimplementasikan dan melakukan refleksi pembelajaran berdiferensiasi dalam praktik pembelajaran dikelas. Kegiatan aksi nyata ini tidak dilaporkan pada LMS, namun pada pendampingan berikutnya akan didiskusikan hasil refleksi dan penerapan tersebut bersama pendamping. Untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran modul 2.1, CGP selanjutnya memberikan penilaian terhadap fasilitator dan instruktur terkait pendampingan selama pembelajaran modul 2.1 baik oleh fasilitator maupun instruktur. Pada khir minggu ke 11 ini, CGP selanjutnya mengikuti kegiatan pembelajaran modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional yang diawali dengan kegiatan Mulai dari Diri. Pada sesi ini CGP diberikan kesempatan untuk mengaitkan aspek sosial dan emosional dalam keseharian CGP sebagai pendidik serta menyampaikan harapan & ekspektasi dengan menjawab beberapa pertanyaan relektif yang diberikan pada LMS.

Examination

Semua aktifitas pembelajaran pada minggu ini dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan di dalam setiap sesinya. Saya tidak mengalami kesulitan dalam pembelajaran dan dapat mengkoneksikan materi filosofi KHD, Nilai guru penggerak dan juga pembelajaran berdiferensiasi. Rencana aksi nyata juga sudah tersusun, namun implementasinya di kelas belum dapat dilakukan karena pertemuan dengan siswa direncanakan secara daring sesuai jadwal pada minggu ke 2 bulan maret. Untuk aktifitas mulai dari diri modul 2.1 saya mampu mengaitkan peranan aspek sosial dan emosional dalam keseharian saya

Articulation of Learning

Dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi, saya harus menyiapkan terlebih dahulu pemetaan kebutuhan murid. Hal ini akan memudahkan dalam menentukan bentuk diferensiasi yang akan dipilih demi tercapainya tujuan pembelajaran.
Kedepannya saya juga akan mengimplementasikan RPP Berdiferensiasi yang telah dibuat di dalam kelas, serta melakukan refleksi terhadap hasil pembelajaran yang dilakukan. Selain itu, saya juga akan menyebarkan pengetahuan dan pengalaman terkait pembelajaran berdiferensiasi ini pada rekan-rekan guru yang lainnya.

Demikian Jurnal Refleksi Minggu Ke-10 dalam pembelajaran modul 2.1 yang saya buat. Semoga bermanfaat.

Salam dan Bahagia.

Comments

Popular posts from this blog

Release Instaler dan Updater Aplikasi Rapor SP Versi 2023.F

Release Aplikasi Rapor SP - Rapor Kurikulum Merdeka Versi 2023

Panduan Lengkap Rapor SP Versi 2023

Patch Rapor SP untuk Sertifikat UKK

Aplikasi Gratis | Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan untuk SMA Pelaksana Kurikulum Merdeka