2.1.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 10

Pembelajaran di minggu ke10 pendidikan guru penggerak atau minggu kedua pada modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi, saya telah mengikuti beberapa kegiatan pembelajaran pada LMS mulai dari presentasi hasil kerja kelompok dalam ruang kolaborasi, refleksi terbimbing maupun demonstrasi konstektual. Pada Kesempatan ini, saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Minggu ke-10 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4 dalam 1 minggu pembelajaran yang telah dilakukan. Adapun model yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah model model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future).


1. Facts (Peristiwa)
Kegiatan minggu ke 10 ini, diawali pada senin, 14 Februari 2022 dengan sesi ruang kolaborasi, yaitu presentasi hasil kerja kelompok. Dalam sesi ruang kolaborasi ini, CGP mempresentasikan hasil RPP berdiferensiasi yang telah dibuat dalam kelompok yang selanjutnya mendapat penguatan baik dari CGP lainnya maupun dari fasilitator. 
Pada tanggal 15 Februari 2022, kegiatan pembelajaran dilanjutkan dengan refleksi terbimbing, dalam kegiatan ini CGP menuliskan hal-hal yang dirasa sulit dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi serta menuliskan dukungan yang dibutuhkan jika harus menerapkan hal sulit tersebut. 
Pada tanggal 16-18 Februari 2022 kegiatan pembelajaran yang dilakukan adalah demonstrasi kontekstual. Dalam kegiatan ini CGP diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mengimplementasikan pemahamannya tentang pembelajaran berdiferensiasi untuk dimanfaatkan dalam mengatasi permasalahannya dalam pembelajaran sesuai dengan mata pelajarannya, yang selanjutnya dituangkan dalam sebuah RPP berdiferensiasi.

2. Feelings (Perasaan)
Selama pembelajaran berlangsung, saya merasa senang, bersemangat dan antusias serta bersyukur dapat mengikuti setiap sesi pembelajaran.
Pengalaman interaksi dan saling memberi penguatan antar CGP maupun dari fasilitator baik dalam ruang kolaborasi maupun dalam forum diskusi memberikan pengalaman yang menantang dan membuat saya makin semangat dan antusias untuk mempelajari lebih jauh terkait pembelajaran berdiferensiasi.

3. Findings (Pembelajaran)
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan hal baru bagi saya. Kegiatan pembelajaran pada minggu ini telah memberikan saya banyak pengetahuan dan pengalaman baru terkait pembelajaran berdiferensiasi diantaranya :
  1. Kebutuhan belajar murid yang meliputi kesiapan belajar, minat, dan profil belajar, serta cara-cara menganalisisnya.
  2. Strategi diferensiasi, meliputi diferensiasi konten, proses, dan produk serta implementasinya dalam kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar murid
  3. Langkah-langkah menyusun RPP berdiferensiasi baik Luring maupun Daring.
4. Future (Penerapan)
Pengalaman yang telah saya dapatkan melalui pembelajaran diminggu ini akan saya terapkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas diantaranya :
  • Sebelum kegiatan pembelajaran, saya akan memetakan kebutuhan belajar siswa melalui asesmen diagnosis, survei, pengamatan, dan wawancara.
  • Berdasarkan hasil pemetaan kebutuhan belajar siswa, saya akan merencanakan pembelajaran dengan strategi diferensiasi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa.
  • Diakhir kegiatan pembelajaran, saya akan berupaya untuk mendapatkan umpan balik dari siswa terkait strategi pembelajaran yang telah dilakukan untuk dijadikan dasar dalam merancang pembelajaran selanjutnya.

Demikian Jurnal Refleksi Minggu Ke-10 dalam pembelajaran modul 2.1 yang saya buat. Semoga bermanfaat.

Salam dan Bahagia.

Comments

Popular posts from this blog

Release Instaler dan Updater Aplikasi Rapor SP Versi 2023.F

Release Aplikasi Rapor SP - Rapor Kurikulum Merdeka Versi 2023

Panduan Lengkap Rapor SP Versi 2023

Patch Rapor SP untuk Sertifikat UKK

Aplikasi Gratis | Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan untuk SMA Pelaksana Kurikulum Merdeka