1.4.a.7. Demonstrasi Konstektual - Budaya Positif
Pada pembelajaran Demonstrasi Kontekstual kali ini, CGP diajak menerapkan segitiga restitusi dalam menangani kasus siswa di sekolah. Sebelum melakukan praktek, CGP membuat skenario untuk melaksanakan praktik segitiga restitusi terhadap dua (2) kasus mengenai murid yang melanggar peraturan di sekolah.
Wahyu adalah seorang siswa kelas XI MIPA. Berdasarkan hasil pemantauan dan log pembelajaran Fisika, Wahyu kurang begitu aktif dalam mengikuti pembelajaran Daring, Dalam kegiatan Pembelajaran wahyu mengakses LMS tidak lebih dari 10 menit dalam 1 kali pertemuan padahal waktu yang disediakan minimal 3 jam. Banyak sekali tugas tugas pembelajaran yang tidak dikumpulkan selama 1 bulan terakhir, Dalam kegiatan penilaian terhadap KD yang dipelajari menunjukkan bahwa hasil yang dicapai wahyu tidak terlalu baik bahkan belum memenuhi KKM. Kasus yang dialami wahyu ini tidak hanya terjadi pada mata pelajaran fisika, bahkan menurut laporan beberapa guru, hal tersebut juga terjadi pada guru lainnya bahkan hampir pada semua mata pelajaran.
Pada suatu saat, pak nyoman akhirnya memanggil anak tersebut untuk datang ke sekolah menemui saya untuk membicarakan permasalahan yang terjadi serta mencari solusi dari masalah tersebut menggunakan metode Restitusi.
Berikut ini adalah skenario proses penerapan restitusi yang dilakukan.
Tahapan |
Percakapan |
|
Guru |
Siswa |
|
Pembukaan ·
Guru menyambut kedatangan siswa dengan penuh kehangatan ·
Bercakap-cakap ringan terbuka dan rilek
|
Selamat pagi wahyu…. Apa kabarnya hari ini wahyu….. Wahyu Sehat kan ? Semoga kita selalu dalam keadaan sehat. Oy…. Kalau boleh tau, wahyu rumahnya dimana?
|
Pagi pak. Baik pak
Sehat pak
Jalan Untung Surapati Ayah kerja jadi Sopir Angkot Tidak bekerja, hanya Ibu Rumah tangga Saya saudara ber 3 dan saya anak no 2.
|
Menstabilkan
Identitas · Meyakinkan siswa bahwa, kita memanggil
siswa bukan untuk mencari kesalahan tapi ingin mengajak siswa untuk melalukan
restitusi |
Ok baiklah Wahyu. Begini wahyu…, kira kira wahyu tau gak kenapa bapak
memanggil wahyu hari ini ? |
Gak tau pak….. |
Gak tau ya…., baiklah, Kira-kira kalau dilihat dari proses dan hasil
pembelajaran yang selama ini wahyu ikuti, ada gak yang kurang bagi wahyu ? |
Oh.. ia pak, nilai saya pada pelajaran fisika
semuanya tidak memenuhi KKM. |
|
Ok…. Kalau dari aktivitas pembelajaran yang
dilakukan, menurut wahyu sudah optimal apa belum ? |
Belum pak… |
|
Ok baiklah, disini bapak perhatikan dari proses
pembelajaran, wahyu nampak kurang aktif mengikutinya, benar begitu ? |
Ia pak benar….. |
|
Tugas-tugas pembelajaran juga banyak yang gak
terselesaikan bahkan hasil UH juga hampir semuanya dibawah KKM. Betul
demikian? |
Ia pak, betul. |
|
Bahkan menurut laporan beberapa guru lainnya, hal
ini juga sering terjadi hampir pada semua mata pelajaran. Apa benar demikian
? |
Ia pak, benar. |
|
Baiklah…. Itu data yang bapak terima selama wahyu
mengikuti kegiatan BDR (daring), namun tujuan bapak sekarang memanggil wahyu
kesini bukan untuk mencari kesalahan, tetapi ingin mengajak wahyu berdiskusi
untuk bersama-sama memperbaiki dan menemukan solusi atas permasalahan
tersebut sehingga tidak terulang lagi bahkan kalau bisa agar lebih baik lagi. |
Ia pak. |
|
Apakah wahyu setuju atas hal ini ? |
Ia pak, setuju. |
|
Validasi
Tindakan Yang Salah · Mengkomunikasikan bahwa setiap tindakan
yang dilakukan pasti memiliki alasan |
Wahyu, kalau dilihat dari data yang pak sudah
sampaikan tadi. Bahkan beberapa tugas yang diberikan dalam
pembelajaran juga banyak yang wahyu tidak kerjakan. Benar demikian kan ? |
Ia pak, tapi semua materi yang ada kan sudah
tercentang semuanya, Saya kira kalau sudah tercentang, artinya saya sudah
tuntas mengikuti pembelajaran. |
Ia benar… semua sudah dicentang karena kalau sudah
membuka materinya otomatis tercentang sebagai tanda bahwa materi yang diberikan
sudah dibuka. Terus apakah wahyu bisa memahami materi tersebut dengan baik
kalau hanya dibuka saja ? |
Tidak pak….
|
|
O ia….. pastaslah hasilnya kurang baik, karena tidak
memahami materinya maka tugasnya tidak bisa dikerjakan sendiri dan nilai ulangannya
jadi kurang baik. |
Ia pak…., maafkan saya pak. |
|
Wahyu tidak perlu minta maaf, karena setiap orang
pasti pernah berbuat salah, bapakpun pernah melakukan kesalahan karena memang
manusia tidak ada yang sempurna. Ok wahyu…. nah….. coba ceritakan pada bapak, mengapa wahyu
melakukan hal tersebut (kurang aktif dalam pembelajaran, tidak mengerjakan
tugas) ? |
Ia pak…
Saya memang tidak lama mau akses LMS karena takut
kuotanya habis. |
|
Bukannya sudah ada kuota kemdikbud, LMS kita juga
sudah bisa diakses dengan kuota kemdikbud. |
Ia pak…, tapi kuota utama saya sering terpakai
duluan, sehingga tidak bisa dipakai untuk main game sama teman-teman. |
|
Oooo…. Begitu ya…., tapi kalau bapak lihat, bapak sudah
pernah melakukan studi, sebenarnya kuota yang diperlukan untuk akses LMS kita
tidak terlalu banyak, kalau hanya fokus akses LMS saja. |
Ia pak…. Saya memang sering gunakan nonton youtube
tentang strategi game yang saya sukai. |
|
Oooo…. Ya.. ya…. |
Kurang lebih 7 jam pak. |
|
7 Jam ya…. Lama banget….
|
Ia pak, saya senang nonton strategi bermain game di
youtube agar bisa menyaingi teman-teman ketika bermain game |
|
Ia bapak tau, kalau sudah didasari kesenangan pasti
pekerjaan akan terasa mudah dan tidak terasa waktunya. Coba saja kesenangan wahyu itu bisa dibawa saat
belajar fisika atau pelajaran lainnya, pasti tidak ada permasalahan seperti
sekarang. |
Ia pak….
|
|
Ok wahyu….. dari pembicaraan tadi, kira-kira yang
menyebabkan wahyu kurang aktif mengikuti pembelajaran dan mengerjakan tugas
karena apa? |
Ia pak… karena saya lebih banyak menggunakan waktu
dengan bermain game. |
|
Ok.. berarti wahyu sudah mengetahui, penyebab nilainya
kurang baik karena banyak tugas yang belum dikerjakan dan kurang optimal
mengikuti pembelajaran, hal ini terjadi karena wahyu lebih banyak menggunakan
waktunya untuk bermain game dan nonton video youtube tentang game. Betul begitu wahyu… |
Benar sekali pak. |
|
Menanyakan Keyakinan ·
Nilai-nilai apa yang telah kita sepakati? ·
Kamu ingin menjadi orang yang seperti apa?
|
Kira-kira wahyu masih ingat ngak kesepakatan kelas
di sekolah ini yang sudah tertuang dalam peraturan akademik sekolah, terkait
dengan nilai mata pelajaran. |
Masih pak… |
Apa yang wahyu ingat… coba ungkapkan… |
Aktif mengikuti pembelajaran, Semua mata pelajaran harus tuntas. |
|
Nah kalau pembelajarannya hasilnya belum tuntas
seperti yang wahyu alami saat ini, dampaknya apa bagi wahyu ? |
Kalau lebih dari 2 mata pelajaran tidak tuntas saya
bisa tidak naik kelas. |
|
Apakah wahyu ingin tidak naik kelas? |
Tidak pak |
|
Nah itu wahyu kan sudah tau, terus….. kenapa wahyu
selama ini tetap tidak optimal mengikuti pembelajaran, tidak menuntaskan
tugas-tugas sehingga hasilnya kurang baik, bahkan hasil evaluasi menjukkan
nilainya semua di bawah KKM. |
Ia pak…. Saya tidak menyadari akan hal tersebut,
saya lebih banyak menggunakan waktu saya untuk bermain |
|
Ok…. Main game menyenangkan ia… Main game mamang sangat menyenangkan, seru, tapi ada
gak dampaknya kalau terlalu lama main game, coba wahyu ceritakan sepanjang
yang wahyu ketahui…. |
Ia pak…. Menurut saya kelamaan main game, membuat mata saya
sering merasa lelah dan tidak fokus untuk belajar. |
|
Betul sekali….. mata lelah…. Bahkan radiasi yang
dipancarkan oleh HP itu kan Gelombang Elektromagnetik yang cukup berbahaya
bagi kesehatan. Wahyu kan sudah pelajari itu di fisika. |
Ia pak…. |
|
Kalau kesehatan terganggu, adakah pengaruhnya dengan
masa depan kamu nantinya ? |
Saya mau melanjutkan ke sekolah ikatan dinas. |
|
Wah… bagus sekali itu, semoga bisa terwujud ya…. |
|
|
Kira-kira menurut wahyu apa yang perlu wahyu siapkan
saat ini agar bisa mewujudkan keinginanmu sukses memperoleh sekolah ikatan
dinas? |
Saya harus belajar dan memperoleh hasil dan nilai
yang baik serta bisa lulus tes. |
|
Selain itu…. Adakah yang perlu dipersiapkan lagi ? |
Ada pak…..harus lulus tes kesehatan juga. |
|
Ok bagus…., pertanyaan bapak sekarang, apakah yang
wahyu lakukan selama ini sudah menunjukkan langkah mempersiapkan masa depan
seperti yang diinginkan ? |
Belum pak |
|
Kalau belum…. Apakah wahyu ingin tetap
mempertahankan permasalahan yang selama ini wahyu alami, seperti kurang aktif
dalam pembelajaran, jarang mengerjakan tugas dan menggunakan lebih banyak
waktunya dengan bermain game dan
nonton video tentang game ? |
Tidak pak….. |
|
Ok bagus sekali…., apakah wahyu mengatakan itu,
karena paksaan atau takut sama bapak sehingga mencoba mengatakan yang
baik-baik saja ? |
Tidak pak…. Saya sadar dan berniat untuk berubah |
|
Baiklah kalau begitu. Kira-kira apa yang dapat wahyu lakukan setelah ini ? |
Saya akan mengejar ketertinggalan saya dalam
pembelajaran, melengkapi tugas yang belum terselesaikan dan mengurangi waktu
saya untuk bermain game. |
|
Wahyu… apakah kamu serius akan melakukan hal
tersebut ? |
Ia pak saya janji akan melakukan itu. |
|
Bagus sekali bapak sangat bangga dan bahagia
mendengarnya. Namun wahyu tidak perlu berjanji sama bapak silahkan berjanji
pada diri wahyu sendiri sebagai wujud komitmen dan kesadaran diri |
Ia pak… terimakasih pak. |
|
Nah… terakhir bapak ingin tau, kira-kira setelah ini
langkah riil apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki nilai yang wahyu
peroleh selama ini, baik pada pelajaran fisika maupun pelajaran lainnya. |
Saya akan segera melengkapi tugas-tugas yang belum
saya selesaikan Mengubungi guru-guru yang lainnya untuk meminta
waktu tambahan untuk menyelesaikan tugas-tugas saya yang belum tuntas. Terakhir saya akan mengurangi waktu bermain game. |
|
Apakah kamu terpaksa melakukan hal tersebut |
Tidak pak…. |
|
Baiklah…. Bapak ucapkan terimakasih atas komitemen
yang wahyu buat itu. |
Tidak pak….. |
|
Bapak doakan semoga cita-cita wahyu untuk lulus
sekolah ikatan dinas dan sukses meraih masa depan cepat terkabulkan. |
Astungkara pak. |
|
Ok wahyu…. |
Tidak ada pak, sudah cukup. |
|
Ok bapak kira diskusi kita sudah cukup untuk hari
ini, Terimakasih telah memenuhi undangan bapak. Silahkan wahyu bisa pulang, hati-hati dijalan dan
sampaikan salam bapak sama kedua orang tuanya dirumah. |
Baik pak… sama-sama. |
Kasus 2 :
Tidak Mentaati Protokol
Kesehatan disekolah
Ayu adalah seorang siswa kelas xii, dalam kegiatan di sekolah nampak sering berkerumun dan sering buka masker saat berkumpul dengan temannya. Saat diingatkan dan melihat gurunya, ia memakai masker dengan baik, namun saat tidak ada gurunya ia kembali membuka maskernya. Terhadap kasus tersebut, akhirnya pak nyoman memanggil anak tersebut untuk datang ke ruangan menemui saya untuk membicarakan permasalahan yang terjadi serta mencari solusi dari masalah tersebut menggunakan metode Restitusi.
Berikut ini adalah skenario proses penerapan restitusi yang dilakukan.
Tahapan |
Percakapan |
|
Guru |
Siswa |
|
Pembukaan |
Selamat pagi Ayu…. Apa kabarnya hari ini wahyu….. Ayu Sehat kan ?
Walau Ayu dalam keadaan sehat…. Coba pakai dulu
maskernya, biar sama seperti bapak.
Oy…. Kalau boleh tau, wahyu rumahnya dimana? Dirumah sama siapa saja ? |
Siang pak. Baik pak
Astungkara, Sehat pak (sambil buka masker) Ia pak…. Maaf.
Jalan Untung Surapati Sama ke dua orang tua saya dan kakek juga dan adik
saya yang masih kecil.
|
Menstabilkan
Identitas · Meyakinkan siswa bahwa, kita memanggil
siswa bukan untuk mencari kesalahan tapi ingin mengajak siswa untuk melalukan
restitusi |
Ok baiklah Ayu. Begini Ayu…, kira kira anda tau gak kenapa bapak memanggil
ayu hari ini ? |
Gak tau pak….. |
Gak tau ya…., baiklah, Begini ayu…. Hari ini bapak menemui kamu tidak
memakai masker dengan benar, tadi pagi kamu berkumpul dengan teman2 tidak
menjaga jarak dan juga membuka masker saat berbicara, sampai bapak ingatkan
untuk makai masker. Benar begitu |
Oh ia pak…. |
|
Bahkan tadi di depan, kamu juga kelihatan melakukan
hal yang sama saat tidak ada guru yang menegurnya. |
Ia pak betul….. maafkan saya pak. |
|
Ayu tidak perlu minta maaf sama bapak. |
|
|
Validasi
Tindakan Yang Salah · Mengkomunikasikan bahwa setiap tindakan
yang dilakukan wahyu pasti memiliki alasan |
Nah menurut bapak, setiap tindakan yang dilakukan
tentu ada alasannya. Betul begitu ayu ? |
Ia betul pak… |
Termasuk apa yang ayu lakukan hari ini. Bapak lihat
dari kejadian tadi, lebih dari 2 kali ayu membuka masker saat beraktivitas,
kalau boleh bapak tahu apa alasannya? |
Saya
merasa tidak nyaman menggunakan masker pak. Saya merasa panas dan sesak. |
|
Apa kamu punya sakit bawaan seperti sesak misalnya? |
Tidak
pak… |
|
Nah berarti bukan karena sakit ya.. |
Bukan pak |
|
Kalau boleh tau kapan saja makai masker ? |
Hanya saat disekolah terutama saat pembelajaran
saja. |
|
Artinya ayu jarang pakai masker ya? Sehingga belum
terbiasa dan membuat tidak nyaman. |
Ia betul pak |
|
Terus masker yang ayu pakai sekarang, besok biasanya
dipakai lagi ? |
Ia pak, biasanya 1 masker saya pakai 2 atau 3 hari. |
|
Apakah hal tersebut tidak membuat ayu tambah pengap
dan tidak nyaman ketika dipakai ? |
Ia pak. |
|
Nah kalau demikian, apa penyebab utamanya anda
sering melakukan tindakan menurunkan masker/tidak memakai masker dengan baik
ketika di sekolah? |
Karena saya kurang terbiasa makai masker dan masker
yang saya pakai lebih dari sekali pakai. |
|
Ok baiklah kalau begitu. Berarti bapak sudah tau alasan kamu melakukan itu
dan ayu sendiri juga sudah paham penyebab utama yang mendasari ayu melakukan
hal tersebut. |
Ia pak, tau pak. |
|
Menanyakan Keyakinan ·
Nilai-nilai apa yang telah kita sepakati? ·
Kamu ingin menjadi orang yang seperti apa?
|
Ayu….
Bapak ingin tau, masih ingat nggak kesepakatan kelas kita tentang penggunaan
masker di kelas dan di sekolah kita ? |
Masih pak… |
Apa yang ayu ingat… coba ungkapkan… |
Selalu
mentaati Prokes, seperti menjaga Jarak memakai masker, tidak berkerumun dan
cuci tangan untuk menghindari penyebaran virus Corona |
|
Apa dampaknya kalau kita tidak memakai masker dengan
benar ? |
Sangat rawan terkena penyakit terutama COVID-19 |
|
Selain itu ada gak dampak lainnya |
Bisa membahayakan orang lain disekitar kita. |
|
Betul sekali, ayu kan sudah tau itu. Apalagi saat ini, ayu dirumah sedang mengajak orang
tua (lansia) dan adik yang masih kecil, mereka itu sangat rawan. |
Ia pak….. |
|
Sekali lagi, ayu tidak perlu minta maaf sama bapak,
cukup di renungkan dalam diri. |
Ia pak. |
|
Sekarang apakah Ayu akan tetap melakukan hal
tersebut? |
Tidak pak. |
|
Apakah ayu bersedia untuk memperbaiki situasi
tersebut kedepannya |
Ia pak … saya bersedia |
|
Kira-kira apa yang bisa ayu lakukan untuk
memperbaiki hal tersebut. Coba ceritakan pada bapak. |
Saya
tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Kedepannya saya akan selalu memakai
masker dengan benar, mentaati prokes demi keselamatan kita semua dan juga
keluarga saya dirumah. |
|
Baiklah bapak sangat menghargai solusi yang kamu
tawarkan. Apakah solusi ini ayu lakukan dengan terpaksa ? atau
hanya ingin menyenangkan bapak ? |
Tidak
pak… |
|
Baiklah…. Bapak ucapkan terimakasih atas komitemen
yang ayu buat itu. |
Ia pak. Terimakasih |
|
Bapak doakan semoga kita semua terutama ayu,
teman-teman dan keluarga dirumah selalu dalam keadaan sehat dan terhindar
dari wabah COVID-19. |
Astungkara pak. |
|
Ok bapak kira diskusi kita sudah cukup untuk hari
ini, Terimakasih telah memenuhi undangan bapak. Silahkan ayu kembali ke kelas. |
Baik pak… sama-sama. Terimakasih. |
Comments
Post a Comment