1.1.a.3. Mulai dari Diri - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

SALAM dan BAHAGIA

Berikut ini merupakan Tulisan Refleksi diri tentang pemikiran KHD yang saya buat sebagai bagian dari tugas modul 1.1.a.3 Mulai dari diri dalam pembelajaran Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Karangasem.

TULISAN REFLEKTIF KRITIS

  1. Pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) yang saya ketahui  adalah :
    Menurut Ki Hajar Dewantara pendidikan sebagai usaha menuntun segenap kekuatan kodrat yang ada pada anak baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat agar dapat mencapai kesempurnaan hidup. Jadi hakekat Pendidikan Pendidikan adalah sebagai penuntun untuk pencapaian potensi siswa menjadi maksimal.  Pada dasarnya dalam proses Pendidikan, anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik dalam hal ini hanya dapat menuntun tumbuhnya kodrat itu. Berdasarkan pemikiran tersebut, Pendidikan mesti disandarkan pada penciptaan jiwa merdeka, cakap dan berguna bagi masyarakat. Selain itu, akar dari pemikiran Ki Hajar Dewantara adalah menempatkan kemerdekaan sebagai syarat dan juga tujuan membentuk kepribadian serta kemerdekaan batin bangsa Indonesia agar peserta didik selalu kokoh berdiri membela perjuangan bangsanya. Hal ini berarti dengan berbekal kemerdekaan pada diri peserta didik memberikan keyakinan pada peserta didik dalam mengikuti pendidikan dan pengajaran. Merdeka juga bisa diartikan dalam posisi tanpa adanya paksaan sehingga peserta didik merasa senang, nyaman, aman dan bahkan tentram serta damai dalam menempuh pendidikan.
  2. Pemikiran KHD dengan konteks Pendidikan Indonesia saat ini dan konteks Pendidikan di sekolah secara khusus sangat relevan untuk diterapkan.  Sebagaimana telah diungkapkan oleh KHD bahwa Pendidikan adalah suatu usaha menuntun segenap kekuatan kodrat yang ada pada anak. Melalui Pendidikan, Peserta didik diberikan kebebasan untuk mengembangkan ide, berfikir kreatif, mengembangkan bakat/minat siswa (merdeka belajar), tapi kebebasan itu bukan berarti kebebasan mutlak, perlu  tuntunan dan arahan dari guru supaya anak tidak kehilangan arah dan membahayakan dirinya. Hal yang dilakukan seorang guru adalah menghormati dan memperlakukan anak dengan sebaik-baiknya sesuai kodratnya, melayani mereka dengan setulus hati, memberikan teladan, membangun semangat dan memberikan dorongan   bagi tumbuh kembangnya anak. Menuntun mereka menjadi pribadi yang terampil, berakhlak mulia dan bijaksana sehingga mereka akan mencapai kebahagiaan dan keselamatan.
  3. Sampai saat ini saya merasa belum sepenuhnya mampu melaksanakan  pemikiran KHD secara menyeluruh. Dalam beberapa kasus utamanya dalam proses pembelajaran daring yang saya berikan beberapa waktu belakangan ini, saya telah berusaha memfasilitasi siswa dalam kebebasan belajar diantaranya  memberikan kebebasan siswa untuk mencari dan menentukan materi sesuai kemampuan dan potensi mereka, membuat suasana pembelajaran yang nyaman dan kondusif, memberikan kebebesan kepada peserta didik dalam memahami materi yang saya berikan melalui melajah.id seusai waktu yang ada, memberikan kesempatan peserta didik untuk bebas memilih sumber belajar melalui buku, youtube dan sember belajar yang relevan, menyediakan sumber-sumber belajar yang variatif melalui LMS dan memfasilitasi siswa dalam kegiatan diskusi melalui forum diskusi.
    Namun dalam beberapa pertemuan, saya juga masih sering melaksanakan pembelajaran yang tidak sepenuhnya berpusat pada siswa, hal ini dilakukan karena tuntutan waktu dan KD yang harus dipenuhi dalam satu semester. Dalam hal tersebut, saya masih menganggap siswa sebagai objek dalam pembelajaran, sehingga saya sebagai guru memperlakukan mereka sesuai keinginan saya, mengikuti gaya belajar yang saya terapkan serta proses pembelajaran yang saya lakukan lebih berfokus pada aspek pengetahuan sesuai dengan tuntutan KD dan target waktu yang disediakan.


HARAPAN DAN EKSPEKTASI

  1. Harapan saya setelah mempelajari modul ini adalah dapat memahami pemikiran KHD dan menerapkannya dalam aktivitas pembelajaran yang akan saya lakukan. Serta dapat membuka wawasan dan pemikiran saya untuk mewujudkan merdeka belajar.
  2. Harapan yang ingin saya lihat pada peserta didik setelah mempelajari modul ini adalah peserta didik dapat belajar secara bebas dan nyaman, tumbuh dan berkembang sesuai potensi dan kemampuannya serta dapat mencerminkan profil pelajar Pancasila dalam kesehariannya.
  3. Saya berharap pada modul ini saya mendapat materi yang berkaitan dengan konteks pembelajaran yang mengacu pada pemikiran KHD secara terperinci, cara penerapan pemikiran KHD dalam proses pembelajaran , serta contoh-contoh pembelajaran disekolah yang lebih konkrit terkait penerapan pemikiran KHD di kelas sehingga mampu saya terapkan di kelas yang saya ampu.


Comments

Popular posts from this blog

Release Instaler dan Updater Aplikasi Rapor SP Versi 2023.F

Release Aplikasi Rapor SP - Rapor Kurikulum Merdeka Versi 2023

Panduan Lengkap Rapor SP Versi 2023

Aplikasi Gratis | Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan untuk SMA Pelaksana Kurikulum Merdeka

Patch Rapor SP untuk Sertifikat UKK