Posts

3.3.a.10. Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Image
PERISTIWA (FACT) a. Latar Belakang Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu, yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa. Pada kenyataanya, saat ini kemampuan literasi murid masih tergolong rendah rendah. Berdasarkan rata-rata Indeks Aktivitas Literasi Membaca masih tergolong rendah di mana poinnya hanya 37,32 dari 100, sementara berdasarkan kajian indeks kegemaran membaca dengan melibatkan 10.200 responden di 34 Provinsi tahun 2020 menunjukkan poin 55,74 dari 100. Rendahnya budaya membaca siswa saat ini diperkuat lagi dengan kehadiran Smartphone android. Murid lebih tertarik membaca potongan - potongan tulisan dan menonton video yang ada di sosial media. Hal ini menunjukan minat baca ada namun daya baca rendah, sehingga hal ini mempengaruhi kegiatan pembelaja

3.3.a.9. Koneksi Antarmateri - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Sesi ini merupakan Koneksi Antar Materi yang merupakan Tahap ke-7 dari alur MERRDEKA dalam mempelajari modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid Dalam sesi ini, CGP diharapkan mampu mengaitkan prakarsa perubahan yang mereka buat dengan modul-modul sebelumnya untuk menguatkan desain dan kerangka/dasar teori dari program/kegiatan yang berdampak pada murid, dan CGP dapat merumuskan rancangan program/kegiatan pada tahap demonstrasi kontekstual ⟮BAGJA) menjadi rencana program intrakurikuler, atau kokurikuler, atau ekstrakurikuler yang akan mereka wujudkan tahap demi tahap sesuai kerangka waktu atau lini masa yang disediakan pada tahap aksi nyata nanti Berikut ini adalah Koneksi Antar Materi yang saya buat yang disusun dalam bentuk presentasi. Demikian hasil Koneksi Antar Materi Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid, yang telah saya buat, semoga bermanfaat. Salam dan Bahagia.

3.3.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 24

Image
Minggu ini adalah minggu ke-24 yang merupakan minggu kedua dalam mempelajari modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid. Pada Kesempatan ini, saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Minggu ke-24 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4. Adapun model yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah model Driscoll. Model ini terdiri dari tiga bagian, yaitu sebagai berikut. 1) WHAT? (Deskripsi dari peristiwa yang terjadi) 2) SO WHAT? ⟮Analisis dari peristiwa yang terjadi⟯ 3) NOW WHAT? (Tindak lanjut dari peristiwa yang terjadi) Berikut ini adalah jurnal Refleksi Minggu ke-16 yang saya buat : 1) WHAT ? Pembelajaran pada minggu ini masih berada pada pembahasan modul 3.3 tentang 3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid. Adapun kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada minggu ini terdiri atas kegiatan ruang kolaborasi, Refleksi Terbimbing, dan Demonstrasi Konstekstual. Kegiatan di awali pada hari Senin, 6 Juni 2022 yakni Ruang Kolaborasi sesi Diskusi melakukan diskusi bersa

3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Tahap ke-5 dari alur MERRDEKA dalam mempelajari modul 3.3 adalah Demontrasi Kontekstual. Tahapan Demonstrasi Kontekstual kali ini bertujuan agar CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA dalam rangka menggalang dukungan, mengarahkan proses dialog, dan mendorong kolaborasi bersama murid, guru, kepala sekolah, atau anggota lain dalam komunitas sekolahnya. Berikut ini adalah ide prakarsa perubahan yang saya buat dalam bentuk rencana program yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA. Demikian hasil Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid, yang telah saya buat, semoga bermanfaat. Salam dan Bahagia.

3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Refleksi Terbimbing ini merupakan tahapan ke-4 dari Alur MERRDEKA pada modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid Melalui kegiatan ini, CGP melakukan refleksi dan metakognisi terhadap proses pembelajaran yang telah mereka lewati, dan apa yang harus mereka pertimbangkan kemudian dalam menyusun program/kegiatan yang berdampak pada murid. Sebagai tagihan, CGP diminta untuk membuat catatan refleksi pembelajaran dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan berikut ini. Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid? Apa yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid? Apa yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini? Apa yang menantang bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini? Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid. Berikut ini adalah hasil refleksi ya

3.3.a.5. Ruang Kolaborasi

Image
Tahap ke-3 dari alur MERRDEKA dalam mempelajari modul 3.3 adalah Ruang Kolaborasi Dalam Ruang Kolaborasi kali ini, CGP diajak bekerja dalam kelompok membuat gambaran umum sebuah program/kegiatan sekolah yang mempromosikan suara, pilihan, kepemilikan murid. Pada kegiatan ini, CGP melakukan kerja kelompok dan presentasi hasil melalui web meeting.  Dalam kegiatan kerja kelompok tersebut saya bergabung dalam kelompok A.1 yang beranggotakan 5 orang (Saya sendiri, Erno, Dewa Gede Prananta,  Ni Nengah Sukarini dan  Ni Komang Susilawati ) merancang sebuah program/kegiatan dengan Judul : Program Ngebat dan Mejejahitan. Berikut ini adalah hasil program yang dibuat oleh kelompok kami. Demikian Ruang kolaborasi Modul 3.3  Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid, S emoga bermanfaat. Salam dan Bahagia.

3.3.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 23

Minggu ini adalah minggu ke-23 yang merupakan minggu pertama dalam mempelajari modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid. Pada Kesempatan ini, saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Minggu ke-23 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4.  Pembelajaran minggu ini diawali kegiatan mulai dari diri dengan melakukan refleksi dari pengalaman saat saya terlibat dalam program atau kegiatan yang dilaksanakan di bangku sekolah saya dulu. Kegiatan berikutnya adalah ekplorasi konsep yaitu melakukan ekplorasi konsep melalui kegiatan membaca dan menyimak materi ajar pada LMS tentang kepemimpinan murid, Suara Murid, Pilihan Murid, Kepemilikan Murid dan lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid serta melakukan analisis terhadap 7 contoh kasus yang diberikan pada LMS. Kegitan terakhir diminggu ini adalah melakukan kegiatan diskusi asinkron terhadap suatu program sekolah yang telah dilaksanakan, kemudian bersama-sama CGP lainnya dalam 1 kelompok melakukan analisis terhadap progr