Posts

3.3.a.3. Mulai Dari Diri - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Setelah menyelesaikan modul 3.2, kali ini CGP telah memulai mempelajari Modul 3.3 Mulai Dari Diri - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid. Modul ini merupakan modul terakhir dalam Pendidikan Guru Penggerak. Seperti biasa, mengawali kegiatan pembelajaran dengan Alur MERRDEKA pada modul 3.3 adalah Mulai dari Diri. Dalam kegiatan ini, diharapkan CGP dapat melakukan refleksi dari pengalamannya saat dirinya terlibat dalam program atau kegiatan sekolah mereka dahulu dan dapat mengungkapkan harapannya dari modul ini. Bapak dan Ibu calon guru penggerak, Selamat datang di sesi pembelajaran 1, Mulai Dari Diri. Sebelum Bapak/Ibu memulai tahapan pembelajaran 1 ini, kami ingin menyampaikan terlebih dahulu bahwa di sepanjang tahapan pembelajaran dalam modul ini, Bapak/Ibu akan selalu diberikan pertanyaan pemantik di awal setiap tahapan pembelajaran. Pertanyaan-pertanyaan pemantik ini tidak perlu dijawab. Tujuan dari pertanyaan-pertanyaan pemantik tersebut lebih kepada memancing pemikiran da

3.2.a.10.3. Jurnal Refleksi - Minggu 22

Image
Minggu ini adalah minggu ke-22 yang merupakan minggu akhir dalam mempelajari modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Pada Kesempatan ini, saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Minggu ke-22 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4. Model yang digunakan dalam penulisan jurnal kali ini adalah  model 7 yaitu Segitiga Refleksi . Segitiga puncak,  segitiga hijau (kemampuan setelah belajar)  : Setelah pembelajaran minggu ini, akhirnya saya mampu mengidentifikasi aset/kekuatan yang ada didaerah dan sekolah dengan memetakan segala sumber daya yang ada serta mengidentifikasi strategi pemanfaatannya secara efektif. Selain itu pembelajaran minggu ini mampu mengubah pola pikir saya dari pendekatan berbasis kekurangan/masalah menjadi pola pikir pendekatan berbasis aset/kekuatan. Segitiga bawah kiri,  segitiga kuning (yang dipahami setelah belajar)   : Saya akhirnya memahami bahwa Sekolah sebagai sebuah ekosistem yang terdiri atas unsur biotik dan abiotik. Unsur biotik diantaranya Murid, K

3.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Sesi ini merupakan Koneksi Antar Materi yang merupakan Tahap ke-7 dari alur MERRDEKA dalam mempelajari modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya Dalam sesi ini, CGP diharapkan mampu menghubungkan materi modul ini dengan modul-modul yang didapatkan sebelumnya, serta membuat rencana perubahan secara rinci dengan menggunakan format BAGJA. Berikut ini adalah Koneksi Antar Materi yang saya buat yang disusun dalam bentuk artikan yang disjikan dalam flip Book.

Webinar Nasional Gratis Rapor SP

Image
SALAM MERDEKA BELAJAR MERDEKA MENGAJAR..!!! Salam Jumpa Yth. Kepala sekolah, rekan-rekan Guru dan Operator semua…. Mari kita NGOPI PKM….. Bukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat loo… tapi bebas.. Ngobrol Penilaian Berbasis IT Penilaian Kurikulum Merdeka. Kapan, dimana ? kita kumpul di: Kegiatan : Webinar Nasional Assestment/Penilaian Kurikulum Merdeka Hari / Tgl : Sabtu, 28 Mei 2022 Waktu : Pkl. 09.00 -12.00 Wita Ayo luangkan waktu.. materinya sedang asik dibahas duduk sambil Ngopi… Materi : Laporan Pencapaian Hasil Belajar dan Projek Profil Pelajar Pancasila Bagi Penyelenggara Kurikulum Merdeka Menggunakan Aplikasi Rapor SP Teknologi Cloud Untuk Dunia Pendidikan Tidak hanya itu kalo rekan-rekan hadir kami juga telah mempersiapkan : Fasilitas : e-Sertifikat, Gratis Aplikasi Kurikulum Merdeka dan tentunya Ilmu yang bermanfaat. DoorPrize : 15 Akun Demo Cloud Server , Untuk Erapor dan Dapodik. Gimana.. hari gini dapodik dan erapor offline? Yuk kita cari informasi disini. Trus.. trusss… tr

3.2.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 21

Pada Kesempatan ini, saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Minggu ke-21 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4. Adapun model yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah model 5R ⟮ Reporting, Responding, Relating, Reasoning, Reconstructing ⟯ 1. Reporting Kegiatan pembelajaran minggu ke-21 ini merupakan kegiatan minggu ke-2 dalam mempelajari modul 3.2 Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya. Mengawali kegiatan pada minggu ini, selasa 17 Mei 2022, adalah Ruang Kolaborasi sesi Presentasi. Dalam ruang kolaborasi ini, CGP melakukan presentasi dan berbagi informasi tentang aset yang dimiliki di daerah sekitarnya serta strategi pemanfaatannya untuk sekolah. Rabu, 18 Mei 2022, CGP mengikuti kegitan Refleksi terbimbing. Dalam kegiatan ini CGP diminta untuk merefleksikan sumber daya yang dimiliki oleh sekolah dengan menjawab pertanyaan reflektif pada LMS. Kamis, 19 mei 2022, CGP mengikuti sesi demonstrasi kontekstual. Dalam sesi ini, CGP diajak menerapkan pemetaan aset yang dimiliki oleh

3.2.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Tahap ke-5 dari alur MERRDEKA dalam mempelajari modul 3.2 adalah Demontrasi Kontekstual. Dalam Tahapan Demonstrasi Kontekstual ini CGP diajak menerapkan pemetaan aset yang dimiliki oleh sekolahnya melalui penugasan mandiri dan menganalisis sejauh mana potensi kekuatan aset yang sekolahnya miliki dibandingkan dengan semua sumber daya yang seharusnya dimiliki sesuai dengan peraturan negara. Berikut ini adalah pertanyaan - pertanyaan yang digunakan untuk membantu mengidentifikasi aset atau kekuatan yang dimiliki beserta jawaban yang saya buat. Apa yang kami kuasai?  SMA Negeri 2 Amlapura merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Karangasem Bali. Sebagai peraih Wawasan Wiyata Mandala tingkat nasional pada tahun 1997, SMA Negeri 2 Amlapura terus berbenah baik di bidang akademik maupun non akademik. Berbagai prestasi SMA Negeri 2 Amlapura diraih baik tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional bahkan sampai Internasional. Banyak anak-anak di Kabupaten Karangasem ingin bersekolah di SMA Negeri 2 Am

3.2.a.6. Refleksi Terbimbing - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Image
Tahap ke-4 dari alur MERRDEKA dalam mempelajari modul 3.2 adalah Refleksi Terbimbing. Dalam sesi ini, CGP diminta mengidentifikasi cara pandang yang sebelumnya melihat dari sisi masalah dan kekurangan sekolah dari semua sumber daya yang ada dengan memandang dari sisi aset dan kekuatan yang dimiliki oleh sekolah, kemudian CGP mampu mengambil makna dari pengalaman belajar dan dapat melakukan refleksi yang dipandu oleh fasilitator. Dalam menyusun refleksi ini, CGP menjawab pertanyaan yang telah disediakan pada LMS. Berikut ini adalah hasil refleksi yang saya buat terkait modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Apa yang menarik dari proses dan hasil pemetaan tentang sumber daya di daerah untuk sekolah Anda? Yang menarik dari proses dan hasil pemetaan tentang sumber daya di daerah untuk sekolah saya adalah : bahwa sekolah saya berada dilingkungan kota yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap dengan jangkauan yang tidak terlalu jauh yang sebenarnya dapat dimanfa