Posts

3.1.a.3. Mulai dari Diri-Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

  Setelah menyelesaikan modul 2.3 serta menyelesaikan post tes modul 2, kali ini CGP telah memulai mempelajari Modul 3.1  Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Seperti biasa, mengawali kegiatan pembelajaran pada pendidikan Guru Penggerak dengan Alur MERRDEKA pada modul 3.1 adalah Mulai dari Diri. Dalam kegiatan ini, CGP diajak untuk menggali ke dalam diri, mengenai pemahaman awal terkait Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran melalui survei. Berikut ini adalah jawaban yang saya berikan atas survei tersebut. Pertanyaan 1 : Studi Kasus:  Anda adalah Kepala Sekolah yang baru diangkat di SMP X. Wakil Kepala Sekolah Kurikulum mengatakan bahwa sekolah memerlukan buku-buku pelajaran baru yang perlu didistribusikan dengan segera kepada murid-murid. Hari itu, Anda diberitahu bahwa penerbit Y akan hadir untuk presentasi buku-buku pelajaran untuk tahun ajaran baru. Wakasek Kurikulum Anda mengatakan bahwa ini adalah kegiatan rutin sekolah untuk menyeleksi buku-buku pela

2.3.a.9. Koneksi Antarmateri - Coaching

Image
  Koneksi Antar Materi Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan bertujuan untuk menuntun murid sesuai kodratnya menuju kebahagiaan dan keselamatan yang setinggi-tingginya sebagai seorang pribadi dan anggota masyarakat. Guru diibaratkan sebagai seorang Petani atau tukang kebun yang tugasnya adalah merawat sesuai kebutuhan dari tanaman-tanamannya itu agar tumbuh dan berbuah dengan baik, tentu saja beda jenis tanaman beda perlakuanya. Sebagai seorang guru, kita harus jeli dalam melihat keberagaman kebutuhan siswa, ada yang lambat, sedang, dan cepat. Ada yang suka agama, sains, seni, olahraga, dan sebagainya. Ada yang suka belajar dengan cepat melalui penglihatan, pendengaran, atau kinestetik. Semua harus kita akomodir dalam proses pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan belajar murid yang beragam tersebut adalah dengan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang di dalamnya terdapat serangkaian

2.3.a.10.3. Jurnal Refleksi - Minggu 16

Image
Pada Kesempatan ini, saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Minggu ke-16 Pendidikan Calon GuruPenggerak Angkatan 4. Adapun model yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah model Driscoll. Model ini terdiri dari tiga bagian, yaitu sebagai berikut. 1) WHAT? (Deskripsi dari peristiwa yang terjadi) 2) SO WHAT? ⟮Analisis dari peristiwa yang terjadi⟯ 3) NOW WHAT? (Tindak lanjut dari peristiwa yang terjadi) Berikut ini adalah jurnal Refleksi Minggu ke-16 yang saya buat : 1) WHAT ? Pembelajaran pada minggu ini masih berada pada pembahasan modul 2.3 tentang Coaching. Adapun kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada minggu ini terdiri atas kegiatan Refleksi Terbimbing, Demonstrasi Konstekstual dilanjutkan dengan kegiatan Elaborasi pemahaman bersama Instruktur. Dalam kegiatan Refleksi terbimbing, CGP dimintan untuk memberikan refleksi atas pembelajaran yang telah dilaksanakan, meliputi pemahaman sebelum dan sesudah mempelajari modul, hal yang perlu ditingkatkan, kendala, dan upaya dalam men

2.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pendampingan dengan Pendekatan Coaching dalam Komunitas Sekolah

Image
Dalam sesi Demonstrasi Kontekstual kali ini, CGP diminta untuk melakukan praktik kegiatan coaching nyata di sekolah tempat CGP berasal sesuai dengan model TIRTA. Coachee dalam hal ini dapat merupakan murid atau rekan kerja yang hasilnya direkam dalam sebuah video berdurasi 20-30 menit. Dalam proses ini, saya mencoba mempraktikkan coaching model TIRTA dengan seorang rekan sejawat yang memiliki kendala dalam menemukan strategi pembinaan terhadap siswa yang berulangkali tidak aktif dalam proses pembelajaran daring. Berikut ini adalah video hasil rekaman praktik coaching yang saya lakukan. Dalam Video tersebut yang berperan sebagai coachee adalah Kadek Angri Setiawan, seorang guru BK di SMAN 2 Amlapura, dan saya sendiri berperan sebagai coach. Demikian hasil Demonstrasi Kontekstual Modul 2.3 Coaching yang telah saya buat, semoga bermanfaat. Salam dan Bahagia.

2.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Memahami Lebih Dalam Teknik Coaching Yang Efektif Dalam Optimalisasi Pengembangan Kompetensi Pendidik dan Murid

Tahap ke-4 dari alur MERRDEKA dalam mempelajari modul 2.3 adalah Refleksi Terbimbing. Dalam Refleksi Terbimbing kali ini, CGP diajak untuk merenung, mengingat kembali, dan melakukan refleksi mendalam mengenai hal-hal yang telah dipelajari pada modul coaching sebelumnya. Kemudian menjawab beberapa pertanyaan reflektif yang diberikan berikut. 1. Sebelum mempelajari modul ini, saya pikir bahwa coaching Sebelum mempelajari modul ini saya berpikir bahwa coaching sama saja dengan konseling ataupun mentoring dimana akan ada dua pihak yang terlibat di dalamnya yaitu coach dan coachee dimana coachlah yang nantinya akan membagikan pengalamannya lalu memfasilitasi coachee dengan alternatif-alternatif solusi, dan saya juga pikir dalam proses coaching, coach akan membantu coachee menentukan solusi dari permasalahan yang dihadapi. saya merasa bahwa coaching Sebelum mempelajari modul ini, saya merasa bahwa coaching adalah bimbingan yang bisa diberikan oleh coach kepada coache dalam menyelesaikan perm

2.3.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 15

Image
Pada Kesempatan ini, saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Minggu ke-15 Pendidikan Calon GuruPenggerak Angkatan 4. Adapun model yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah Model 4: Papan cerita reflektif ( Reflective Storyboard ). Berikut ini adalah hasil jurnal refleksi minggu ke-15 yang saya susun. Ekplorasi Konsep 2.3.a.4.1 Senin, 21 Maret 2022, Saya melakukan eksplorasi konsep secara mandiri tentang Konsep Coaching Dalam Konteks Pendidikan, dan menjawab beberapa pertanyaan reflektif terkait konsep yang dipelajari Ekplorasi Konsep 2.3.a.4.2 dan 2.3.4.3 Selasa, 22 Maret 2022, Saya melakukan eksplorasi konsep secara mandiri tentang Komunikasi Yang Memberdayakan dan TIRTA Sebagai Model Coaching, dan menjawab beberapa pertanyaan reflektif terkait konsep yang dipelajari Ekplorasi Konsep - Forum Diskusi Rabu, 23 Maret 2022, Saya menyimak contoh video choaching model TIRTA, kemudian menjawab pertanyaan terkait video tersebut. Saya dan CGP lainnya juga melakukan diskusi dan saling membe

2.3.a.5.1. Ruang Kolaborasi

Image
Tahap ke-3 dari alur MERRDEKA dalam mempelajari modul 2.3 adalah Ruang Kolaborasi Ruang Ruang Kolaborasi kali ini, CGP diajak untuk melatih kemampuan coaching secara virtual bersama CGP lain. Tujuannya, CGP dapat melatih keterampilan coaching dengan berbagai studi kasus dan membentuk komunitas praktisi untuk melakukan praktik coaching model TIRTA. Terdapat tiga kasus yang disajikan dalam kegiatan tersebut, yaitu : Kasus 1 Coach: guru , coachee: murid , 1 pengamat Seorang guru sangat memahami jika Rina, salah satu muridnya berbakat dalam berpidato dalam Bahasa Inggris. Ia mendorong Rina untuk mengikuti perlombaan pidato dalam Bahasa Inggris tingkat kabupaten. Namun, nampaknya Rina masih belum percaya diri. Bagaimanakah cara Anda dalam menanggapi hal ini? Kasus 2 Coach: guru , coachee: murid . 1 pengamat Seorang murid bercerita jika dia merasa diperlakukan tidak adil oleh seorang guru. Guru tersebut membuka les privat, dan sebagian besar murid di kelas mengikuti les privat tersebut, kecu