RAPOR SEKOLAH PENGGERAK

Release Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah merilis Merdeka Belajar Sekolah Penggerak. Program ini merupakan kolaborasi antara Kemendikbud dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan SDM sekolah, pembelajaran, perencanaan, digitalisasi, dan pendampingan pemerintah daerah.

Program Sekolah Penggerak merupakan salah satu program yang mendorong satuan pendidikan (sekolah) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik secara holistik dalam rangka mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dengan berfokus pada kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) serta nonkognitif (karakter) yang diawali dengan peningkatan kompetensi kepala satuan pendidikan (kepala sekolah) dan guru. Selanjutnya, setelah sekolah mampu melakukan transformasi diri, Sekolah Penggerak diharapkan dapat menjadi katalis bagi sekolah-sekolah lain sehingga pemerataan mutu pendidikan dapat terjadi secara luas dan merata di seluruh Indonesia. 

Disisi lain, dalam pelaksanaan penilaian oleh guru sebagai bagian dari pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran,  sekolah sangat memerlukan tools/alat bantu khususnya dalam rangka melakukan pengolahan dan pelaporan penilaian peserta didik yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum Sekolah Penggerak. Namun hingga saat ini, walaupun Kurikulum SP sudah berjalan hampir 1 semester, belum juga ada  aplikasi pengolahan penilaian yang dikeluarkan oleh pemerintah secara nasional, padahal aplikasi tersebut sangat dibutuhkan dalam rangka menyusun dan melaporkan hasil pembelajaran siswa di akhir semester ini.

Berangkat dari kebutuhan tersebut, seorang pendidik dan praktisi pendidikan dari Kabupaten Karangasem, Propinsi Bali, I Nyoman Pasek, S.Pd, M.Pd yang juga merupakan Calon Guru Penggerak (CGP) angkatan 4, telah mencoba mengembangkan suatu aplikasi manajemen penilaian yang kemudian diberi nama “Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak (Rapor-SP)”. Aplikasi ini dikembangkan sebagai wujud aksi nyata implementasi peran dan nilai guru penggerak di lingkungan pendidikan. Pengembangan aplikasi Rapor SP ini didasarkan atas kajian pengembang terhadap panduan pembelajaran dan penilaian sekolah penggerak serta pengalaman pengembang  sebagai seorang pendidik sehingga berhasil membuat fitur-fitur yang komunikatif, informatif, dan  komprehensif (menyeluruh) untuk dapat memberikan gambaran tentang hasil belajar peserta didik.

Jadi Aplikasi Rapor-SP adalah aplikasi/perangkat lunak berbasis web yang berfungsi sebagai manajemen penilaian yang komperehensif dan terpadu untuk menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik (Rapor) pada satuan pendidikan baik pada jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK yang melaksanakan Program Sekolah Penggerak / Sekolah Pusat Keunggulan.  

Secara teknis Aplikasi Rapor-SP didesain terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik yang dikeluarkan oleh Setditjen Dikdasmen. Aplikasi Rapor-SP menggunakan data dari Aplikasi Dapodik sebagai sumber data/referensi dalam pengelolaan data penilaian di sekolah. Selain mengintegrasikan dengan dapodik, Aplikasi Rapor SP juga dapat mengakomodir data guru yang belum terdaftar di dapodik serta dapat menyesuaikan data wali kelas dan pembelajaran secara lokal tanpa mempengaruhi aplikasi dapodik.

Dengan mengusung moto “dari CGP untuk Sekolah Penggerak", pengembang telah mendedikasikan aplikasi tersebut untuk dapat dimanfaatkan secara gratis bagi sekolah yang memerlukan aplikasi Rapor khususnya untuk sekolah penggerak / Sekolah Pusat Keunggulan.

Link Download Aplikasi Rapor-SP

Download Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak (Rapor-SP)
NB : Aplikasi dapat berjalan pada komputer Windows 64 Bit

Baca Juga :

Release Update Rapor-SP V. 2021.a

Sudah Tersedia Versi Terbaru - Baca:
Release Aplikasi Rapor SP V.2022

 

Video Panduan Penggunaan Aplikasi Rapor-SP

  • Panduan Untuk Administrator

  • Panduan Untuk Guru

  • Panduan Untuk Wali kelas

  • Panduan Untuk Siswa




Comments

  1. Terima kasih Bli atas Dedikasi nya semoga menjadi amal baik .. amiin
    Semoga sehat selalu dan diberikan kebekahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih....
      Semoga bermanfaat.

      Delete
    2. semoga bermanfaat,,, ijin mempelajarinya.....

      Delete
    3. Apakah ada alternatif port buaat di client pak?

      Delete
    4. Om Swastyastu, ijin download pak pasek. suksma apk dan info nya sangat bermanfaat.

      Delete
    5. pa saya dr SLB sy baru saja menginstal aplikasi raport sp awal sy instal versi 2021 lalu keluar dan instal kembali 2021 to 2021.a tapi sy terkendala login sebagai administator sy log in standar user dan pasword sesuai panduan tetapi gagal login

      Delete
  2. Terima kasih Bli semoga lelah pikiran dan tenaganya menjadi amal baik .. amiieen

    ReplyDelete
  3. Luar biasa ..... Ijin belajar ya Pak

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. Luar biasa karyanya utk membantu pengembangan pendidikan di Indonesia..sukses selalu bli utk karyanya..sehat selalu..salam dari SMKN 3 Sorong Papua Barat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih....
      Semoga bermanfaat.

      Delete
    2. maaf pa Nyoman bagaimana caranya agar rapor penggerak saya jadi normal karena tidak bisa backup dan tidak bisagenerate rapornya bisa kirim email kurikulumsman93@gmail.com

      Delete
  6. MasyaaAllah...Luar biasa, Pak...Karya inovatif ini dapat menjadi referensi untuk Rapor sekolah pelaksana PSP ya...Semoga menjadi amal kebaikan untuk Bapak & Keluarga...🀲🀲🀲
    Terimakasih...πŸ™πŸ»

    ReplyDelete
  7. Thanks a bunch, sir. Opsdik in my school really really waits for this application, indeed. Salam from Kendal, Jateng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap pak...
      Semoga bermanfaat....
      Terimakasih... πŸ™πŸ™πŸ™

      Delete
  8. terima kasih bli.... ijin belajar ya...salam dr Ops lumajang jatim

    ReplyDelete
  9. OSA suksema banget pak, ijin untuk ting coba pelajari dan gunakan di sekolah tiang pak suksema

    ReplyDelete
  10. Mantap luar biasa, apa ini bs langsung dipakai ut e rapornya

    ReplyDelete
  11. luar biasa pak nyoman salam kenal saya dudik yulianto juga CGP angkatan 4 kab kediri sekaligus operator dapodik dan E- rapor

    ReplyDelete
  12. tolong saya di beri link aplikasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diatas sudah ada link downloadnya, silahkan dicek lagi

      Delete
  13. OSA Pak, luar biasa sumbangan pemikirannya pak, baru ting bisa melihat aplikasi e-rapot yg sering digunakan di SMP, SMA, sekarang bisa kita pelajari lewat kemudahan dan kemurahan hati bpk untuk berbagi, sukseme banget pak, ting Desak Putu Ekawati mewakili keluarga besar SD Negeri 2 Sulanyah mengucapkan trimakasi banyak pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam dan Bahagia....
      Terimakasih....
      Semoga bermanfaat.
      πŸ™πŸ™πŸ™

      Delete
  14. It's very helpful..thank u pak😊

    ReplyDelete
  15. Mantab jiwa,, jaya terus dan berkibar di dunia pendidikan...

    ReplyDelete
  16. Terima Kasih Banyak Bapak,
    sangat bermanfaat sekali,
    terus berkarya Pak
    mohon ijin mempelajari dan memakai

    ReplyDelete
  17. Terima kasih Bli, ijin mencoba ya

    ReplyDelete
  18. Mohon ijin turut menggunakan aplikasinya pak. πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

    ReplyDelete
  19. Saya sudah coba Aplikasinya, Pak. Mantap.
    Sekedar masukan Pak I Nyoman Pasek.
    Data yang belum ngelink di identitas siswanya
    1. Diterima di sekolah ini : Di kelas
    2. Anak ke

    Mapel di kelas 10 (Fase E) sesuai KEPUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 162/M/2021 TENTANG PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK.

    "Seperti di SMP, mata pelajaran IPA dan IPS di Kelas X SMA belum dipisahkan menjadi mata pelajaran yang lebih spesifik".
    Mapel Ilmu Pengetahuan Alam: Fisika, Kimia, Biologi di rapor mestinya Ilmu Pengetahuan Alam
    begitu juga dengan mapel Ilmu Pengetahuan Sosial: Sosiologi, Ekonomi, Sejarah,Geografi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk data diterima di kelas dan anak ke memang belum tersedia di webservice daponya.

      Untuk mapel dan pembelajaran mengikuti struktur yg ada didapodik, namun jika berbeda di rapor masih bisa diubah atau ditambahkan manual, termasuk mapel ipa atau ips di rapor bisa ditambahkan lokal dan pembelajaran yg todak dipakai bisa dihapus.

      Delete
    2. Siap dicoba Pak.
      Makasih atas aplikasinya.
      Semoga sukses e-rapornya Pak.

      Delete
  20. Terima kasih banyak bli aplikasinya sangat membantu, mohon maaf ijin bertanya, untuk siswa apakah ada kewajiban untuk mengakses aplikasi, dikarenakan ini aplikasi kan harus install di pc atau laptop, dan kebanyakan siswa tidak memiliki alat tersebut, jadi apakah nanti kedepannya akan ada aplikasi android untuk siswa?. untuk memudahkan siswa untuk mengakses dikarenakan kebanyakan pengguna smartphone.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak wajib pak, untuk akses ke siswa tergantung sekolahnya, jika mau full dionlinekan silahkan, tidak online juga gak masalah, untuk akses aplikasinya sendiri bisa diakses via web browser baik di pc, laptop maupun smartphone.

      Delete
    2. apakah bisa untuk sekolah smk non pk atau non sp?

      Delete
    3. Sekolah Penggerak punya cara penilaian dan bentuk rapor yang berbeda dengan k13. Jadi Rapor SP hanya untuk SP atau pusat keunggulan, sedang yang k2013 pakai saja rapor yg sudah dikeluarkan direktorat

      Delete
  21. Beh jeg mantap pak pasek. Salam dari SMP Dwijendra Denpasar

    ReplyDelete
  22. Salam Guru Penggerak Pak.
    Luar biasa sekali,... Mohon ijin share ya pakπŸ™πŸΌ

    ReplyDelete
  23. terima kasih bli.... ijin belajar ya...salam dr Ops kabupaten Barru

    ReplyDelete
  24. Terima kasih Bli.
    Mau tanya untuk aplikasi harus instal d laptop dapodik??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak mesti 1 laptop, minimal harus dalam 1 jaringan dengan komputer dapodik

      Delete
    2. bagaimana harus 1 jaringan dengan komputer dapodik bli?

      Delete
  25. Terimakasih informasinya sangat membantu

    ReplyDelete
  26. Trima kasih PakπŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  27. Izin bertanya pak, sy udah coba instal aplikasi nya tp kok tak bisa dibuka ya?? mohon petunjuknya??

    ReplyDelete
  28. selamat pagi pak, banyak yang minta no wa bapak, boleh minta gak pak, banyak yang mau langsung nanya tentang raport sekolah penggerak, boleh kirim ke email saya pak: hotmaneduardpanggabean@gmail.com

    ReplyDelete
  29. ijin bertanya pak

    1. Bagaimana cara mengedit Nama Guru Lokal di erapor SP
    2. Kenapa Guru Lokal tidak bisa login di erapor SP

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Belum ada fasilitas edit data identitas.
      2. Silahkan buatkan usernha dulu dengan benar.

      Delete
  30. Ijin bertanya pak ini kalo HTTP ERROR 500 bagaimana ya?

    ReplyDelete
  31. terima kasih banyak, apakah ada panduan yang berbentuk PDF nya?

    ReplyDelete
  32. Mantap pak... Izin pakai ya pak...

    ReplyDelete
  33. Izin sedot dan pakai yah Pak Pasek... matur nuwun sanget...
    Semoga bermanfaat ilmunya dan berkah untuk Bapak dan keluarga.

    Salam sehat selalu...

    titip salam dari SMA Labschool Jakarta.

    ReplyDelete
  34. Amazing... Terima kasih Pak.. Semoga karyanya menjadi amal baik ..Tuhan berkati bersama keluarga..

    ReplyDelete
  35. terima kasih banyak ya pak...ini yang paling di tunggu...izin untuk di pakai ya pak...terimakasih udah buat kami bahagia...
    salam sehat, semangat dan bahagia ya pak...
    salam Penggerak dr Ujung Kalimantan

    ReplyDelete
  36. Alhamdulillah, terima kasih sekali atas aplikasi nya. sangat membantu kami di sekolah.

    ReplyDelete
  37. Keren.. luar biasa.... semangat dan terus berinovasi...maaf pak kalau kita gunakan server diluar laptop dapodik ..apakah bisa kita ambil dari backup dari dapodik, apakah sama caranya dengan erapor. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rapor-SP tidak mesti 1 komputer dengan dapodik, masih bisa be komputer yang penting dalam 1 jaringan.
      Silahkan ikuti panduannya dengan seksama

      Delete
  38. localhost menolak untuk terhubung. solusinya gmana

    ReplyDelete
  39. Mantap bli... Sukses selalu karyanya buat dunia pendidikan

    ReplyDelete
  40. Mantapss sekali pak...saya masih perlu banyak belajar...mungkin jika ada grup telegram untuk sharing lebih bagus pak..karena sy sendiri masih awam terkait IP address dll.

    ReplyDelete
  41. Matur Suksma Bli salam Guru Penggerak Angkatan 4 dari Temanggung Jawa Tengah

    ReplyDelete
  42. mantaaaap.....
    Nama chanel youtubenya pak
    supaya bisa disebarkan link tutorialnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama chanelnya
      Fisika smanda
      https://youtube.com/channel/UCXEXH_1OJU4vBHNlCvic0jQ

      Makasi pak.... mohon dukungan dan suportnya, untuk bisa saling berbagi.

      Delete
  43. Mohon info, Bli...
    kami sudah mencob instal appraporsp di Windows 10, lancar dan jalan...
    Selanjutnya setelah diinstal di Windows Server 2019, appraporsp tidak bisa berjalan dengan pesan di browser HTTP ERROR 500. Setelah kami coba cek ternyata di services tidak ada RAPORSP_DB nya seperti yg ada ketika appraporsp diinstal di Windows 10. Selanjutnya di Komputer Server yang berbeda tetapi dengan OS Windows Server 2019 juga, kami coba instal appraporsp, sama juga tidak bisa tampil aplikasinya di browser selain pesan error HTTP ERROR 500. Setelah kami coba lakukan proses uninstall dan install ulang appraporsp, masih tetap tidak bisa tampil di kedua server Windows 2019 tersebut.

    Apakah ada cara manual agar kami bisa mendaftarkan services untuk RAPORSP_DB di Windows Server 2019, Bli?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih....
      Untuk kasus di windows server biasanya masalahnya terletak pada engine net framwork yang tidak sesuai sehingga gagal install, coba dicari dan install dulu net framework yang sesuai sebelum proses instalasi rapor sp.
      Jika sudah ketemu mohon bisa dishare utk yang lain, kebetulan saya belum menguji aplikasi pada windows server.

      Delete
    2. Akhirnya pakai langkah (manual copas dan buat service RAPORSP_DB-nya):
      1. Pastikan semua service RAPORSP_DB dan RAPORSP_SRV distop terlebih dahulu.
      2. Saya compress folder appraporsp (yang sudah diinstal dan berhasil jalan) agar menjadi appraporsp.zip dari Windows 10.
      3. Kemudian dicopy-paste ke Windows Server 2019 (untuk diextract / unzip nanti setelah dilakukan proses langkah ke-3).
      4. Selanjutnya coba install secara biasa (agar terdaftar di registry) appraporsp-nya di Windows Server 2019, walaupun hasil instalasinya tidak sempurna karena ukuran kapasitas folder si appraporsp tidak sama besar jika dibandingkan dengan hasil instalasi yang ada di Windows 10. Dan pasti service RAPORSP_DB nya GAGAL terinstal di Windows Server 2019 (untuk mengatasinya lanjut ke langkah berikutnya).
      5. Rename appraporsp di Drive C-nya Windows Server 2019 menjadi appraporsp-ori, lalu buka file zip appraporsp.zip-nya dan ekstract ke Drive C.
      6. Lalu dibuatkan manual service baru di Windows Server 2019 untuk menambahkan service database si appraporsp-nya (RAPORSP_DB) dengan perintah:
      sc create RAPORSP_DB binpath= "C:/appraporsp2021/pgsql/bin/pg_ctl.exe runservice -N "RAPORSP_DB" -D "C:/appraporsp2021/dbraporsp" -w"
      7. Cek di services, pastikan service RAPOR_SP sudah ada temannya yakni RAPORSP_DB, lalu coba di Start kedua service tersebut.
      8. Buka browser dan arahkan ke laman http://localhost:7252 untuk mengecek dan memastikan Rapor SP sudah BERHASIL diinstal dan BERJALAN di Windows Server 2019.
      9. Selanjutnya instal updaternya yang sudah ada.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Buatnya pake laravel/codeigniter pa?

      Delete
  44. user walikelas dan guru BK tdk bisa di generate otomatis ?, biar tidak buat manual.

    ReplyDelete
  45. maaf izin bertanya...kenapa data guru yg masuk hanya guru mapel..sedang kan guru kelasnya tidak ada..mohon solusi nya pak bagaimana cara menambahkannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas informasinya,
      Semoga dalam waktu dekat bisa diupdate untuk akomodir guru kelas.
      Mohon bersabar

      Delete
  46. saya mencoba untuk login kok gk bisa ya pak. mohon bimbingannya pak..

    ReplyDelete
  47. Terima Kasi Pak I Nyoman Pasek.....atas Dedikasinya untuk anak bangsa ini....mohon bimbingannya Pak ?

    ReplyDelete
  48. Mantappu suhukuu...
    Tetap Menginspirasi, berinovasi dan Sukses Selalu.

    ReplyDelete
  49. Raport untuk K13 ada pak? atau bisa pakai ini ?

    ReplyDelete
  50. Ijin bertanya bila di rapot SP guru tidak masuk semua cara penyelesaiaannya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika yang tidak masuk adalah guru kelas, tunggu dulu akan diusahakan dibuatkan updaternya.
      Semoga dalam waktu dekat bisa segera direlease.

      Delete
  51. Bli ijin minta nomer kontak yang bisa dihubungi, agar mudah berkonsultasi jika ada masalah

    ReplyDelete
  52. setelah tiang update data guru, guru yang muncul hanya 3,,bagaimana solusinya ??mohon bantuannya

    ReplyDelete
  53. ijin bertanya, kalo Cetak Nilai Rapor tapi daftar Mata Pelajaran Tidak Muncul, itu kenapa? padahal Mapping Rapor di menu Data Referensi Lokal sudah sesuai juknis, mohon solusinya apakah harus semua nilai anak diisi dulu atau bagaimana

    ReplyDelete
  54. sangat bermanfaat,,,terimakasih Bli...
    oiya mau bertanya,
    untuk menu kirim nilai dari erapor ke dapodik sdh ada belum ya bli?

    ReplyDelete
  55. maaf apakah ada formar atau urutan mapel untuk sekolah penggerak

    ReplyDelete
  56. SELAMAT PAGI PAK..,KENAPA TES KONEKSI GAGAL TERUS YA? TARIK DATA DALAM JARINGAN

    ReplyDelete
  57. FOTO guru gak bisa di edit ya? hanya foto admin yg bisa diganti

    ReplyDelete
  58. Mohonn maaf pak mau tanyak kalau mau hapus tujuan pembelajaran gmana cara nya pak.

    ReplyDelete
  59. maaf bapak untuk yang SMK PK pilihan di mapping rapor itu cuma ada umum, kelompok A, B dan C untuk kejuruan dan P5BK belum dimasukan bapak ya. terima kasih

    ReplyDelete
  60. Terima Beli ....izin untuk belajarπŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  61. Maaf pak, mau nanya. Saya sudah berhasil install aplikasi raport ini, tetapi saat melakukan update data dengan dapodik, tidak semua nama guru dapat masuk di aplikasi raport, padahal guru yang bersangkutan statusnya aktif di dapodik. Ini kira-kira kenapa ya pak?. Mohon tanggapannya. Terimakasih.

    ReplyDelete
  62. Maaf pak pakah ada versi mc book nya. terima kasih

    ReplyDelete
  63. maaf beli seni budaya koq tdk tampak ya diurutan mapel

    ReplyDelete
  64. Saya coba pa. Tetapi data guru tidak ketarik semua dan kelas hanya 2 saja yang muncul padahal ada 12 kelas. di bagian kelas tidak ada pilihan tambah kelas. itu bagaimana pa?

    ReplyDelete
  65. terima kasih pak, semoga berkah..sukses buat bapak.. kalo ada waktu boleh tanya-tanya pak?

    ReplyDelete
  66. kenapa di status penilaian data kosong sementara semuanya sudah terisi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mapping raport nya dibuat sekalian diurutkan dulu Pak

      Delete
  67. Trimakasih ilmunya, sangat bermanfaat untuk sekolah kami. salam kenal dari SMK Al Fatah Banjarnegara - Jawa Tengah

    ReplyDelete
  68. bagai mana cara liat Password Masing Masing Guru Pak, Masih Bingung Saya Pak
    Terimakasih

    ReplyDelete
  69. Mohon penjelasannya pak. Sudah input proses Dan kirim nilai. Cek di nilai akhir terkirim muncul tapi status penilaian Dan pencapaian nilai rapor kosong. Pada saat cetak rapor mapel tidak muncul padahal sudah melakukan mapping rapor. πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. sma pak, apakah sudah ada solusi?

      Delete
    2. sudah pak, dengan meni mapping rapor, nama mapel diurutkan diberi angka dulu pak

      Delete
  70. di kolom TP mungkin maksunya CP pak, mohon kejelasan karena klo TP terlalu banyak dan tidak bisa mengakomodir seluruhnya. di kolom nilai itu deskripsi atau angka? itu dulu smentara, karena kami belum bisa lanjut. terima kasih pak. anda keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  71. Ijin bertanya, bagaimana dalam 1 kelas ada 2 mapel agamanya (kelas campuran) dua guru mapel agamanya , mohon solusinya

    ReplyDelete
  72. Raport SP untuk PAUD pak πŸ™

    ReplyDelete
  73. bagaimana cara mendapatkan username dan passwordnya pak?

    ReplyDelete
  74. Mau ganti logo pemda maupun logo sekolah selalu gagal. Ukuran file maupun dimensi sdh sesuai petunjuk. Mohon solusinya bli. Terima kasih

    ReplyDelete
  75. user sama pasword yg administrator nya ga bisa ya ?

    ReplyDelete
  76. Kalau buksn sekolah penggerak bisa si pake aplikasi ini

    ReplyDelete
  77. Bisa g kalau bukan sekolah penggerak pake aplikasi rapot sp

    ReplyDelete
  78. bagaimana cara mendapatkan username dan password?

    ReplyDelete
  79. Saya instal Rapor SP tidak satu Komputer dengan Dapodik atau rapor Reguler bagai mana cara menganti Ip localhost dari Komputer Server yah pak admin mohon bimbinganya saya pemula blm bisa terkoneksi ambil data dari dapodik
    terimakasih

    ReplyDelete
  80. Apa bisa upload ke wordpres pak ?

    ReplyDelete
  81. Mohon ijin belajar bangπŸ˜ŠπŸ™

    ReplyDelete
  82. Apakah untuk aplikasi e-rapor sekolah penggerak fase D (jenjang SMP) sudah ada menu rapor proyek penguatan profil pelajar Pancasila pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf pa Nyoman bagaimana caranya agar rapor penggerak saya jadi normal karena tidak bisa backup dan tidak bisagenerate rapornya

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Release Aplikasi Rapor SP V.2022

Release Update Rapor-SP V. 2021.a

Webinar APSI Kekinian (72) : Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka